MAN 2 Yogyakarta Apresiasi Sahabat Perpustakaan

Yogyakarta (Yogya – MAN Yk II) – Dalam rangka membudayakan kebiasaan membaca, berbagai langkah dilakukan Perpustakaan MAN Yogyakarta II. Salah satunya adalah kegiatan Apresiasi Sahabat Perpustakaan Terbaik. Kegiatan apresiasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat kunjung, minat meminjam dan minat membaca siswa. Kenapa dimulai dengan minat kunjung? Hal ini untuk lebih mendekatkan perpustakaan sebagai sahabat dan sumber belajar. Harapannya setelah anak bersemangat berkunjung ke perpustakaan, ia akan semakin “akrab”dengan berbagai macam koleksi yang dimiliki, kemudian termotivasi untuk membaca dan meminjam.

Menurut Kepala Perpustakaan MAN Yogyakarta II Sri Narwanti SPd bahwa kegiatan apresiasi ini diukur berdasarkan tingkat kunjungan siswa di perpustakaan dan jumlah buku yang dipinjam. Tingkat kunjungan dipresensi sehingga data bisa jelas dan dapat dipertanggungjawabkan, begitu juga jumlah pinjaman sudah terekam dalam sistem otomasi yang dimiliki Perpustakaan MAN Yogyakarta II. Apresiasi sahabat perpustakaan ini diberikan setiap tiga bulan sekali, dengan memberikan bingkisan dan pin sahabat perpustakaan terbaik dan kali ini bertepatan pada saat apel Senin (9/1). Sahabat yang dipilih dibagi dalam dua ketegori yaitu sahabat putra dan sahabat putri. Pada tahun pelajaran 2016/2017 Perpustakaan MAN Yogyakarta II sudah mengapresiasi periode triwulan pertama dan kedua. Periode triwulan pertama (Juli-September 2016) Sahabat perpustakaan terbaik diberikan kepada Fatimah Hatika K kelas X MIPA 1 dan M Farhan Nassrullah kelas XII IIK. Periode triwulan kedua (Oktober – Desember 2016) apresiasi diberikan kepada Aisyah Giri C kelas X MIPA 1 dan M. Sukron Jamil F kelas X MIPA 2.

Kegiatan ini cukup mampu meningkatkan motivasi siswa dalam meningkatan minat baca. Seperti yang disampaikan Sania siswa kelas X IIK, “Saya akan lebih rajin ke perpustakaan dan pinjam buku, biar periode berikutnya saya yang menjadi sahabat perpustakaan terbaik.” Harapannya semoga kegiatan lain Perpustakaan MAN Yogyakarta II dalam meningkatkan minat baca, juga mendapatkan respon yang positif dari seluruh siswa. Semoga! (SrN)

Komentar Anda