MAN 2 Yogyakarta Gandeng Deutsches Zentrum Pada Pembelajaran Bahasa Jerman

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Jurusan Bahasa MAN 2 Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Deutsches Zentrum Yogyakarta (DZY) untuk meningkatkan motivasi anak dalam mempelajari bahasa dan mengenal budaya Jerman. Kerjasama ini sudah berlangsung dari tahun 2016. DZY dalam bahasa Indonesia adalah pusat Jerman Yogyakarta, merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan budaya Jerman.

Dengan adanya kerjasama ini siswa-siswa diharap semakin termotivasi untuk mempelajari bahasa jerman dan mengenal budayanya lebih dalam. Selain itu, semoga para siswa terbuka wawasannya, yang pada akhirnya ada siswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Jerman melalui beasiswa. Hal ini disebabkan DZY tidak hanya bergerak pendidikan bahasa dan pengenalan budaya Jerman tetapi juga melayani konsultasi bagaimana studi lanjut di Jerman, informasi tentang beasiswa, dan das freiwilliges Sosial (kerja sosial) di Jerman, jelas Bambang selaku guru bahasa Jerman saat ditemui di ruangannya (11/2)

Lebih lanjut Bambang menjelaskan bahwa kerjasama ini dalam dua bentuk. Yang pertama MAN 2 Yogyakarta mengirim beberapa siswa untuk belajar di DZY dan yang ke dua pihak DZY datang ke MAN 2 Yogyakarta untuk mengajar di kelas-kelas. “Sebelas anak sudah kami kirim untuk secara rutin belajar di DZY,” ungkap Bambang.

Pihak DZY pun sudah datang ke MAN 2 Yogyakarta untuk mengajar di kelas-kelas (8/2). “Waktu itu DZY diwakili oleh Janine mahasiswa UGM berasal dari jerman,” pungkas Bambang. (len)

Artikel yang Direkomendasikan