MAN 2 Yogyakarta Sukses Gelar Festival Bunkasai DIY-Jateng

Yogyakarta (MAN Yk II) – Festival Bunkasai (Lomba dan Festival Budaya Jepang) merupakan kegiatan tahunan yang biasa diselengarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jepang DIY-Jateng. Festival Bunkasai 2017 kali ini berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta II Jl KHA Dahlan 130 Yogyakarta II, Ahad (8/01) dengan mengusung tema “Mirai Ni Saku Yume No Tsubomi” yang berarti “Kuncup Impian Yang Akan Mekar”.

Drs H In Amullah MA selaku kepala madrasah menyampaikan rasa senangnya karena dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Festival Bunkasai 2017. “Ini event yang luar biasa. Beruntung MAN Yogyakarta II dipilih menjadi tuan rumah sehingga kami dapat belajar bagaimana panitia mengelola event sebesar ini dengan baik,” jelas Amullah.

“Lomba utama adalah pidato bahasa Jepang. Bagi peraih juara I dan II akan dikirim ke tingkat nasional, yang selanjutnya bagi juara satu, dua, dan tiga serta harapan satu dan dua akan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Jepang gratis selama 10 hari dengan sponsor The Japan Foundation,” jelas Diah Wijiastuti salah satu guru Jepang dan panitia festival ini.

Lebih lanjut Diah menjelaskan untuk lebih memeriahkan digelar lomba lainnya berupa Shodu (kaligrafi Jepang), Karuta (permainan kartu kosakata), Posuta Hapyyou (presentasi poster), Gonduku (membaca teks berkelompok), dan Manga (menggambar komik).

Festival yang berlangsung dari 09.00 hingga 15.00 WIB ini juga dimeriahkan oleh grup Nihongo Patners yang terdiri dari para Native Speaker yang bertugas mendampingi pembelajaran bahasa Jepang di beberapa sekolah di Yogyakarta dengan menampilkan tarian Yapong pada kesempatan kali ini. (len)

Komentar Anda