61 Guru MAN 2 Yogyakarta Ikuti Bimbingan Teknis Penilaian

(Yogyakarta-MAN 2 Yogya) – Dalam Peningkatan kompetensi dan profesi pendidik dalam proses belajar mengajar, MAN 2 Yogyakarta Selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) “Peningkatan Kompetensi Penilaian Proses Belajar Mengajar (PBM)”. Diikuti 61 guru, Bimtek ini dilaksanakan di Aula lantai 3 madrasah (15/4) dari pukul 07.30 – 13.00 WIB.

Dalam Bimtek ini MAN 2 Yogyakarta mengundang dua pembicara yang sudah berpengalaman dalam hal pembuatan soal penilaian karena berkali-kali dipercaya oleh pemerintah menjadi guru inti penulis Ujian Nasional (UN). Beliau adalah Siti Hajarwati MPdSi  guru SMAN 8 Yogyakarta dan Irwan Yusuf MSc guru SMA N 5 Yogyakarta.

“Kita sebagai guru dituntut selalu meningkatkan kompetensi, salah satunya adalah kompetensi pedagogik yaitu tahu dan memahami tentang landasan pendidikan, mampu mengembangkan kurikulum dan silabus,  mampu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, mengevaluasi hasil belajar, serta mampu mengaktualisasikan berbagai potensi siswa,” ujar Drs H In Amullah MA dalam sambutannya sebelum pembukaan Bimtek.

Lebih lanjut Amullah menyampaikan bahwa Bimtek hari ini adalah salah satu langkah usaha madrasah untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya dalam melakukan evaluasi hasil belajar.

Dengan dimoderatori Evi Effrisanti STP sesi materi yang pertama di isi mulai dari membuat sebaran materi berdasarkan silabus, membuat indikator soal, dan diakhiri dengan membuat soal. Sesi pertama ini disampaikan oleh Siti Hajarwati MPdSi. Sesi kedua dilanjutkan oleh Irwan Yusuf MSc dengan materi telaah soal yang sudah dibuat oleh masing-masing guru pada sesi sebelumnya.

Selain Bimtek tentang Peningkatan Kompetensi Penilaian PBM diakhir kegiatan juga dilakukan pembinaan oleh kepala madrasah. Dalam kesempatan tersebut setiap guru diminta melakukan evaluasi diri. Evaluasi diri ini bertujuan untuk mengenali 3 motif sosial pada diri, mengenali profil/karakter pribadi sehingga setiap guru dapat melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki profil Pribadi. (len)

Artikel yang Direkomendasikan