Guru MAN 2 Yogyakarta Lakukan IRS

(Yogyakarta-MAN 2 Yogya) – Pada kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh kepala madrasah MAN 2 Yogyakarta Drs In Amullah MA pada Sabtu (15/4) seusai Bimtek Penilaian dilakukan  tes Inventaris Reaksi Sosial (IRS) dalam bekerja bagi guru-guru. Tes ini dilakukan di Aula lantai 3 madrasah setempat.

Sebelum pelaksanaan IRS ini, Amullah menyampaikan ada 3 tujuan dari IRS ini. Pertama, untuk mengenali 3 motif sosial pada diri: Need of Achievement (berprestasi), Need of Affiliation (bersosialisasi), Need of Power (berkuasa). Kedua, mengenali profil atau karakter pribadi. Ketiga, Melakukan langkah-langkang untuk memperbaiki profil pribadi.

Tes IRS ini dimulai dengan setiap guru menjawab 29 soal dengan memilih salah satu jawaban yang sudah disediakan. Selanjutnya setiap guru melakukan penskoran dengan dipandu langsung oleh kepala madrasah. Setelah penskoran dilakukan kemudian memisahkan dan menjumlahkan  nilai untuk masing-masing 3 motif sosial. Dan terakhir memindahkan nilai tersebut ke dalam grafik yang sudah disediakan.

“Dari grafik dapat lihat 3 motif sosial Need of Achievement (berprestasi), Need of Affiliation (bersosialisasi), Need of Power (berkuasa) bapak ibu lihat berada pada level tinggi, sedang, atau rendah,” jelas Amullah

Sekali lagi Amullah menyampaikan, dengan bapak ibu guru mengetahui profil diri maka bapak ibu guru dapat melakukan perbaikan profil diri. “Ketika profil diri kita baik maka insyaallah akan berimbas pada kinerja yang baik pula,” harap Amullah. (len)

Artikel yang Direkomendasikan