Uji Publik Dokumen KTSP MAN 2 Yogyakarta

(Yogyakarta-MAN 2 Yogya) – Kegiatan Uji publik KTSP di MAN 2 Yogyakarta  untuk tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan pada Jum’at  9 Juli 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di aula madrasah setempat berlangsung selama 4 jam dari pukul 07.00 sd 11.30 WIB ini dihadiri oleh Kasi kurikulum  dan evaluasi bidang dikmad kanwil  kemenag DIY Drs. H. Moh. Mustholih, M.Pd.I sebagai review stakehoder serta melibatkan seluruh guru MAN 2 Yogyakarta.

“Penyusunan Buku I KTSP ini sudah dilakukan oleh Tim Pengembang Kurikulum (TPK) dan sudah melalui proses panjang dengan menggundang beberapa review pihak yang terkait yaitu Drs. H Paiman, MA selaku pengawas kemenag kota dan Dr. Arief Ahya selaku perwakilan komite madrasah untuk dimintai masukan”, begitu sambutan kepala madrasah Drs H In Amullah, MA pada pendahuluan uji publik ini.

Menurut Amullah, buku dokumen KTSP ini sudah disusun oleh TPK dengan baik tetapi tetap diperlukan masukan-masukan dari stakehoder dan bapak ibu guru semua karena buku ini nantinya yang akan dijadikan panduan MAN 2 Yogyakarta untuk melangkah menjadi madrasah yang lebih baik.

Uji publik ini terbagi atas dua sesi. Sesi pertama review dari stakeholder Drs. H. Moh. Mustholih, M.Pd.I. Pada kesempatan tersebut meminta untuk menambahkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan juga profil madrasah pada bab 1. Pada bab 2 belum ada rencana atau strategi madrasah dan dalam struktur kurikulum belum mencantumkan adanya program Tahfid. “Selebihnya sudah bagus, tinggal menambahkan apa-apa yang belum ada tadi,” ungkap Mustholih.

Kemudian pada sesi kedua dilakukan Peer-Group Review. Pada Peer-Group Review ini guru-guru dibagi atas 6 kelompok. Dimana masing-masing kelompok meriview bagiannya masing-masing. Kelompok 1 meriview tentang Struktur dan muatan kurikulum, kelompok 2 tentang ketuntasan belajar, kenaikan kelas, kelulusan, dan mutasi, kelompok 3 Pengembangan diri dan peminatan,  kelompok 4 pendidikan kecakapan hidup dan pendidikan berbasis keunggulan lokal/global, kelompok 5 pedoman penilaian, serta kelompok 6 Kalender pendidikan. Setelah masing-masing kelompok melakukan review kemudian dilanjut dengan presentasi hasil review oleh salah satu perwakilan dari tiap kelompok. “Terimakasih bapak ibu guru semua, ditengah puasa-puasa, belum rehat dari UKK, masih harus membuat nilai raport  tetapi semua tetap bersemangat untuk menyampaikan pikiran masing-masing. Semoga ini menjadi masukkan dan mampu membuat MAN 2 Yogyakarta menjadi madrasah yang mampu bersaing,” tutur Evi Effrisanti, S.TP selaku ketua TPK sekaligus Wakil Kepala Urusan Kurikulum saat menutup kegiatan uji publik ini.

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.