Alumni MAN 2 Yogyakarta ke Gazi University Turki

Yogyakarta (MAN2Yk) – Kurnia Ikhlasul Amal adalah salah satu alumni MAN 2 Yogyakarta 2016 yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Gazi University, Ankara, Turki. Mantan ketua OSIS yang menjabat pada periode 2014/2015  ini  memilih kuliah di Turki karena ingin belajar broadcasting terutama perfilman serta membuat kontain agar film di Indonesia dapat bersaing di pasar global.

Amal, demikian panggilan teman-temannya mengawali seleksi ke Turki dengan pengumpulan berkas ijazah, sertifikat, KTP, pengalaman organisasi, paspor dan essai bahasa Inggris, dilanjutkan wawancara motivasi mengikuti beasiswa dan prestasi yang pernah  diraih. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Turki. Peserta diambil 15 mahasiswa se Indonesia, sementara dari Yogyakarta ada 2 orang.

Rencananya pada tahun pertama Amal mengikuti persiapan Bahasa Turki dan orientasi budaya Turki, baru pada tahun kedua dan seterusnya akan mengikuti perkuliahan.

Sebagai alumni MAN 2 Amal banyak mendapat pelajaran yang berharga. Saat kelas X berkesempatan mengikuti Kegiatan Sehari Bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, “Hal ini menambah skill saya dalam berkomunikasi, kepemimpinan dan bekerja sama dalam kelompok” demikian disampaikan Amal. Dari MAN 2 Amal juga banyak belajar tentang organisasi, broadcasting sebagai ekstrakurikuler yang digeluti dan kegiatan keagamaan yang menjadi bekal dalam mengembangkan kemampuan di dunia perkuliahan.

Amal berharap agar MAN 2 menjadi institusi pendidikan Islam yang dikenal dan diminati masyarakat Yogyakarta khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, terlebih melihat fakta bahwa siswa-siswi MAN 2 datang dari berbagai penjuru Indonesia. Harapan selanjutnya ditujukan kepada teman-teman yang masih berstatus sebagai siswa MAN 2 agar selalu bersemangat dalam mengejar cita-cita, mengisi masa SMA dengan kegiatan yang positif, terus bermimpi dan yakinlah bahwa mimpi kita suatu saat bisa direalisasikan dengan usaha keras.(ryn)

Artikel yang Direkomendasikan