MAN 2 Yogyakarta Tegakkan Kejujuran di Penilaian Tengah Semester

Yogyakarta (MAN2Yk) – Tanpa terasa semester gasal pada tahun pelajaran 2016/2017 sudah berlangsung dua bulan. Tibalah saatnya MAN 2 Yogyakarta menggelar “Ulangan Bersama” dalam rangka Penilaian Tengah Semester(PTS).

PTS diselenggarakan mulai hari Senin, 11 September 2017 sampai Rabu, 20 September 2017 diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII dari semua peminatan baik Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK) maupun Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB).

PTS ini dilakukan dengan tujuan mengukur kemajuan hasil belajar peserta didik pada tengah masa belajar semester gasal, bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu siswa, umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran, alat pengendali mutu pendidikan dan untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan.

Evi Efrisanti selaku Wakil Kepala Bagian Kurikulum menyampaikan,” Saya adakan “Ulangan Bersama” PTS karena tahun depan MAN 2 Akreditasi, semua guru saya minta membuat dokumen evaluasi lengkap, kisi-instrumen-pedoman penilaian-kunci jawaban-AHU-ABS-Program Remedial dan Laporan Hasil Remedial. Targetnya untuk tahun ini setiap guru minimal membuat dua set perangkat evaluasi dari PTS gasal dan genap.”

Beberapa siswa mengusulkan kepada Dewi Subaroroh selaku Ketua kegiatan PTS untuk memberi simbol bagi siswa-siswi yang berani mengerjakan soal sendiri, tidak meminta dan memberi jawaban kepada siswa lain. Bu Dewi yang menjadi guru Kimia di MAN 2 memfasilitasi usulan siswa dengan memberi pita merah bagi siswa sebagaimana yang dimaksud di atas. (ryn)

Artikel yang Direkomendasikan