“Mie Baper Camill” MAN 2 Yogyakarta Tayang di Acara Laptop Si Unyil Trans7

(Yogyakarta-MAN2Yk) – “Mie Baper Camill” adalah salah satu karya siswa MAN 2 Yogyakarta yang dibuat dari bahan biji alpukat yang dipandegani Aura Nilam Sari (XII IPS 3) dan Hanifa Noor (XII IIK). Mie ini didesain dengan bentuk wayang Pandawa Lima dan Batik untuk memperkenalkan budaya lokal Yogyakarta kepada masyarakat.

Bahan yang digunakan untuk membuat “Mie Baper Camill” adalah biji alpukat, telur, tepung terigu, pewarna alami dan garam. Pewarna alami dibuat dari daun kelor, wortel, buah naga dan kunyit.  Secara ringkas cara membuat mi tersebut adalah biji alpukat direbus selama setengah jam kemudian diblender. Setelah itu dicampur dengan bahan-bahan yang lain sampai kalis. Setelah kalis adonan dicetak ke dalam mesin penggiling, terakhir dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering dimasukkan ke dalam kemasan. Jadilah “Mie Baper Camill”.

Pada 18 April 2017 karya ini meraih Juara Harapan 2 Tingkat Nasional dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ke X dengan tema UMKM yang diadakan oleh pihak Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Sejak itu sering mendapat tawaran peliputan rekaman baik secara langsung maupun tidak langsung dari banyak pihak yaitu media cetak dan elektronik diantaranya Koran Jogja (Tribun Jogja, Republika, dll), TV lokal (Adi TV, SCTV, Jojga TV, dll), TV Jakarta (Trans 7), dan Internet (Line Today, Instagram, FB, dll). Sampai saat ini sudah mendapat tawaran syuting Program “Laptop Si Unyil” oleh Trans 7 Jakarta.

Syuting dimulai pukul 08.30 sampai 10.00 dengan koordinator dari Trans 7 oleh Mas Pepi, Mas Ari dan Mas Inu. Rencana penayangan pada  Rabu, 20 September 2017 di Trans 7 dalam Program Laptop Si Unyil mulai 12.30 WIB

Aura dan Hanifa Noor sangat senang hasil karyanya dikenal banyak orang. Mereka senang bisa menciptakan suatu produk yang bisa membawa harum nama MAN 2.

“Saya bangga anak-anak bisa menciptakan karya yang berbeda dari yang lain” demikian disampaikan Retno Nurwulandari dan Han’ah Hanum selaku pembimbing Karya Tulis Ilmiah mereka. (ryn)

Artikel yang Direkomendasikan