Sensei Diah ke Jepang lagi !!

(Yogyakarta-MAN2YK) – Tidak diragukan lagi kualitas MAN 2 Yogyakarta, tidak hanya siswanya yang berprestasi tetapi  guru-gurunya pun banyak berprestasi. Salah satunya adalah guru bahasa jepang Diah Wijiastuti, SS yang terpilih dalam Japanese Speaker (JS) Forum. JS forum berlangsung selama 2 minggu dari 17 Agustus sampai dengan 1 September di Jepang.

Kegiatan ini terdiri dari dua kategori yaitu kategori guru dan kategori siswa. Setelah melewati proses seleksi yang sangat panjang akhirnya Sensei Diah (panggilan akrabnya) mampu terpilih sebagai  salah satu peserta JS Forum dalam kategori Guru. JS Forum diikuti 6 negara dimana tiap-tiap negara mengirimkan 2 guru dan 4 siswa terbaiknya. Enam negara itu adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan Jepang.

Saat ditemui Diah menjelaskan jika Forum ini merupakan sebuah wadah kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan saling bertukar informasi dan ide mengenai model implementasi pendidikan bahasa Jepang. Ini merupakan contoh referensi dari pendidikan bahasa asing, yang melatih kemampuan untuk hidup dalam masyarakat, menjalin jejaring antar penutur bahasa Jepang di pendidikan menengah, mengupayakan saling pengertian di antara generasi muda, serta melatih sumber daya manusia secara global.

“Selama 2 minggu kami benar-benar dituntut memiliki kreatifitas yang tinggi, serta kemampuan penunjang lainnya, seperti kemampuan berkomunikasi,menyelesaikan tugas, mengolah data, menyampaikan ide serta mengekspresikan hasil kerja sesuai dengan tema yang dibahas,” ungkap Diah.

Tidak lupa Sensei Diah mengucapkan banyak terimakasih kepada kepala madrasah Drs. H In Amullah, MA yang telah memberikan ijin mengikuti kegiatan ini, kepada keluarga yang selalu mendukungnya dan tidak lupa mengucapkan terimakasih juga pada teman-teman sejawat yang selalu memberikan dorongan semangat. “Tanpa bantuan dari semua pihak saya tidak akan bisa merasakan pengalaman yang luar biasa ini,” pungkas Diah. (len)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

1 Komentar

  1. Bersama MAN 2 Yogyakarta,merajut asa,menggapai mimpi, taklukkan dunia,JAYALAH MAN 2 Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.