Selamat Hari Santri !!

)Yogyakarta (MAN 2 Yogya) – Di tengah terik matahari, guru, pegawai, dan seluruh siswa MAN 2 Yogyakarta mengikuti upacara peringatan hari santri (23/10) di halaman Boarding School Ihyaul Ulum MAN 2 Yogyakarta. Sudah dua tahun terakhir ini MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan peringatan hari santri. Berbeda dari tahun lalu, kali ini seluruh siswa laki-laki mengenakan baju  koko dan sarung sedangkan siswi putri menyesuaikan. Hal ini tidak lain untuk memunculkan suasana khas santri di MAN 2 Yogyakarta.

Seperti pada upacara yang biasa dilaksanakan pada hari senin, dalam upacara santri kali ini juga ada pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila, mengheningkan cipta, amanat pembina upacara, menyayikan lagu nasional dan doa. Hanya saja untuk upacara hari santri ada pembacaan wahyu kalam ilahi dan pada sesi menyanyikan lagu nasional dikumandangkan lagu Mars Hari Santri ,  Pangilan Jihad, dan diakhiri dengan lagu nasional Sukur.

Dalam amanatnya  H. Riza Faozi, S.Ag  selaku pembina upacara menyampaikan pengalamannya saat menjadi santri pesantren di Malang. Beliau menyampaikan jika setiap hari santri disana mengenakan sarung dengan baju yang selalu dimasukkan. Selain hal tersebut dalam amanatnya juga menyampaikan peran pemuda dimasa depan dengan kata mutiara “Man jadda wa jadda” barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Pada sesi info madrasah Drs. H In Amullah, MA selaku kepala madrasah memberikan surprize hadiah pada siswa yang berani maju hafalan surat Al waqi’ah  dan surat Al Fath. Selain mendapatkan hadiah dari kepala madrasah, dua siswa yang maju atas nama Ahmad Dani X IBB dan Dian Azizah XII IBB juga mendapat hadiah uang dari beberapa guru secara spotan.

Dalam sesi info juga disampaikan pengumuman  tentang guru berprestasi dan penghargaan untuk siswa berprestasi. Ada 6 guru mendapatkan penghargaan sebagai guru berprestasi dan 22 siswa yang mendapatkan beasiswa. (len

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.