Siswa Tampilkan Hasil Karyanya di Sekaten

(MAN 2 Yogya) – Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) resmi dibuka 7 hari yang lalu oleh Wakil Gubenur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X. Pembukaan ditandai dengan pemukulan kenong sebanyak tiga kali.

Sekaten ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh keraton Yogyakarta dan setiap tahun MAN 2 Yogyakarta selalu ikut memeriyahkan event ini. Tahun ini MAN 2 Yogyakarta memeriyahkan dengan mengisi acara Pentas Seni Siswa (Pensi) pada anjungan Kemenag DIY, Sabtu (11/11). Selama dua jam siswa-siswa menunjukkan bakat mereka. Ada yang menampilkan bakat menyanyi, menari, stand up komedi, atraksi pencak silat dan masih banyak lagi.

Drs. H. In Amullah, MA selaku kepala madrasah mengatakan jika pada perayaan sekaten tidak hanya memeriyahkan dengan kegiatan pensi tetapi juga ikut mengisi stan di anjungan kemenag DIY selama empat hari (14-17/11). Di Stan MAN 2 Yogyakarta ini, kreativitas dari siswa-siswa ditampilkan. Ada kain batik tulis, kain jumput, kerajinan tangan dari berbagai limbah yang kemudian diubah menjadi barang-barang yang memiliki fungsi dan nilai estetika lebih.

Amullah mencontohkan limbah yang diolah diantaranya adalah kain bekas yang diolah menjadi tas, limbah koran bekas diubah menjadi kaligrafi, dan limbah plastik diubah menjadi bunga-bunga. “Karena memang dikurikulum 2013 ini siswa mendapatkan pelajaran prakarya dan kewirausahaan (PKWU), dimana didalamnya mengajarkan pengolah limbah menjadi kerajianan,” ungkap Amullah.

“Kerajinan yang dihasilkan siswa sudah bagus,” kata Amullah. Kedepan diharap hasil kreasi siswa lebih bagus sehingga tidak hanya dipajang  dan dilihat oleh para penggunjung selama pameran berlangsung tetapi para penggunjung tertarik untuk membeli hasil kerajinan para siswa. (len)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.