MAN 2 Yogyakata Giatkan Prestasi Lewat Perkemahan

(MAN 2 Yogya) – Gerakan Pramuka Ambalan Sri Sultan HB IX- Nyi Ageng Serang Gugus Depan yang berpangkalan di MAN 2 Yogyakarta menggelar kegiatan Perkemahan Giat Prestasi Penegak (PGPP). Kegiatan perkemahan ini dilaksanakan senin (19/3) sampai dengan Rabu (21/3) di Bumi Perkemahan Dewi Tinalah Samigaluh Kulon Progo.

Perkemahan Giat Prestasi Penegak (PGPP) dibuka langsung oleh kepala Madrasah MAN 2 Yogyakarta Drs. H Mardi Santosa. Dalam sambutannya menyampaikan jika perkemahan ini dikatakan sukses atau tidak dapat dilihat tiga kunci yaitu sukses perencanaan, sukses pelaksanaan, dan sukses hasil. “Kalau tiga tahap itu sukses dilakukan maka sukseslah kegiatan PGPP ini,” ujar Santosa

Kegiatan perkemahan ini merupakan kegiatan rutin akhir tahun pelajaran. Kegiatan ini diikuti 278 siswa kelas X dan Sanga Kerja kelas XI. “Perkemahan giat prestasi merupakan ajang melatih siswa untuk melatih kedisiplinan dan kemandirian siswa. Dengan memiliki sifat disiplin dan mandiri diharapkan mereka dapat meraih prestasi sesuai bakat serta minat mereka,” ungkap Tri Winarko Pembina Pramuka MAN 2 Yogya.

Rangkaian kegiatan kemah tahun ini cukup padat. Dimulai dengan bangun desa, mengikuti aneka lomba keagamaan, jelajah alam, lomba masak, lomba kepramukaan, pensi, outbond, dan bongkar desa. Semua peserta benar-benar dilatih untuk disiplin, mandiri, bertahan hidup, dan berpretasi.

“Perkemahan ini juga merupakan ajang penguatan mental dan kepribadian. Selain kecakapan hidup, dimensi spiritual dan sosial siswa juga terus dibangun dengan melalui kegiatan seperti tadarus, tahajud, bakti sosial, dan tebar benih ikan di sungai ,” tambah Tri.

Perkemahan ini ditutup dengan kegiatan outbond lanjut dengan bersih diri, bersih bumi perkemahan, dan upacara penutup. (len)

Artikel yang Direkomendasikan