Pak Riza dan Pak Reva Lolos Seleksi Penulis Soal Ujian Nasional

(MAN 2 Yogya) – Melalui surat pengumuman lolos seleksi 2018 nomor 6294/H4.2/KP/2018, dua guru MAN 2 Yogyakarta dinyatakan lolos seleksi penulis soal ujian nasional. Pengumuman ini disampaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 5 Juni 2018. Dua guru tersebut adalah Reza Faozi, S.Pd, Md.Si  dan Reva Yondra, S.Pd. Masing-masing lolos mata pelajaran Hadits dan Fikih.

Reza menceritakan seleksi penulisan soal ujian nasional ini menggunakan aplikasi online SIAP. Para calon peserta seleksi harus mendaftar secara online dengan menyertakan biodata, surat tugas dari kepala madrasah, dan pakta intergritas.  Proses seleksi ini sudah dilakukan oleh pusat penilaian pendidikan pada Januari – Februari yang lalu.

Reva menambahkan jika seleksi ini melewati beberapa tahap diantaranya yaitu seleksi administrasi dan seleksi pembuatan soal. Setelah lolos administrasi para peserta diuji dengan membuat soal dimana kisi-kisi soal, jumlah soal, dan jenis soal ditentukan oleh panitia. “Setelah soal dikirim maka kemudian kami akan mendapatkan jawaban berapa jumlah soal yang diterima atau ada soal yang perlu kami direvisi,” ungkapnya.

Kepala Madrasah Drs H Mardi Santosa menyatakan rasa senangnya saat ditemui di kantornya, Kamis (7/5) terkait berita tentang lolosnya guru MAN 2 Yogyakarta dalam seleksi penulisan soal UN ini. Beliau sangat mendukung guru-guru yang berani berkompetisi dan mau mengembangkan diri. “Ke depan semua guru harus mengikuti seleksi ini sehingga semakin besar kesempatan guru MAN 2 Yogya yang dapat lolos dan menjadi penulis soal UN,” harapnya. (len)

Artikel yang Direkomendasikan