Pembelajaran Bahasa Jerman Bersama Native Speaker Di MAN 2 Yogyakarta

(Yogyakarta – MAN2Yogyakarta) – Sejumlah 44 siswa  kelas XI dan XII IBB sangat antusias mengikuti pembelajaran Bahasa jerman yang bertempat di perpustakaan lantai dua MAN 2 Yogyakarta pada hari Jum’at (27/7). Kegiatan Belajar Mengajara (KBM) kali ini selain bertujuan memberikan pengalaman berdialog langsung  dengan native speaker’s juga sebagai sarana untuk penyampaian informasi terkait studi lanjut ke Jerman.

Annika Laura dan Mark Dubslaff selalu menjawab pertanyaan siswa yang tertarik dengan kehidupan di Jerman. Disela – sela menjawab pertanyaan siswa seputar kehidupan di Jerman, tidak jarang Mark Dubslaff justru balik bertanya bagaimanakah dengan kehidupan di Indonesia. Dari dialog interaktif ini diharapakan agar tercipta pengertian dan pemahaman lintas budaya antara warga negara Indonesia dan Jerman sehingga dapat terjalin kerjasama baik dalam bidang pendidikan maupun bidang lainnya. “ Banyak siswa yang sebenarnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi  tentang bahasa dan budaya Jerman, akan tetapi selama ini terkendala dengan kurangnya kesempatan berinteraksi langsung dengan penutur asli, sehingga kesempatan untuk memperbanyak praktek berbicara sangat kurang “ jelas Puji Marwanto selaku guru bahasa Jerman di MAN 2 Yogyakarta.

Ditemui diruang terpisah, Evi Effrisanti,S.TP selaku waka Kurikulum menjelaskan bahwa untuk mempersiapkan siswa menghadapi persaingan global MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pembelajaran bahasa asing yaitu bahasa Jerman, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Jepang baik sebagai mata pelajaran peminatan maupun lintas minat. “ Sehingga pada saat melanjutkan belajar di perguruan tinggi, mereka sudah memiliki bekal, tinggal memperdalam ilmunya dan semoga bisa mengikuti jejak kakak angkatan mereka yaitu Nafisah Nurul Afra yang sedang melanjutkan studi di Jerman. ”tambah Evi. (Diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.