Dua Siswa MAN 2 Yogyakarta Juara Stand Up Comedy

(Yogyakarta-MAN2Yogyakarta) –  Bertempat di Grha Pandawa, ruang Yudistira Balai Kota Yogyakarta diselenggarakan acara Stand Up Comedy pada hari Selasa (07/8) dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak ini mengambil tema “ Anak Indonesia, Anak GENIUS ( Gesit Empati BeraNI Unggul Sehat )” dikuti oleh 25 peserta dari berbagai sekoah di DIY.

Selain lomba Stand Up Comedy juga diselenggarakan lomba Pidato/orasi dan lomba Yel-yel. MAN 2 Yogyakarta mengirimkan dua siswa atas nama Fikri Nur Adani yang meraih juara 2 berhak membawa pulang hadiah Piala dan uang pembinaan sejumlah Rp.1.500.00,00 dan Hadid Nurul Ikhsan yang meraih juara harapan 2 memperoleh Piala dan uang pembinaan sejumlah Rp.1.000.000,00 untuk mata lomba Stand Up Comedy.

“Saya tertarik untuk mengikuti acara Stand Up Comedy karena selain untuk mengasah ketrampilan berbicara juga melatih keberanian untuk tampil di depan umum. Selain sebagai sarana berlatih, saya juga ingin memberikan kesan bahwa siswa Madrasah juga mampu unjuk kebolehan di acara seperti ini dan tidak hanya belajar ilmu agama saja” jelas Fikri diakhir acara.

Sementara ditemui ditempat terpisah, Anas Prasetya,S.Pd selaku guru pembimbing dan juga salah satu aktor dan seniman yang sering tampil di acara Srawung Kampung dan Kethoprak di TVRI Jogja, mengatakan “ Seni itu luwes. Bahkan melalui seni ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Jadi sudah tepat jika pemerintah menggalakkan seni harus dimasukkan dan diberikan perhatian khusus di Kurikulum 2013 ini”. “ Salah satu cara mengasah ketrampilan berbicara di bidang seni adalah dengan mengikuti kompetisi Stand Up Comedy” tambahnya.

Seni melalui Stand Up Comedy tidak hanya sekedar mampu merefleksikan relitas sosial akan tetapi juga dapat mengembalikan fokus penguatan pendidikan karakter terhadap kecakapan individu dalam kehidupan sehari-hari.(Diw)

Artikel yang Direkomendasikan