MAN 2 Yogyakarta Adakan Workshop Penulisan Soal HOTS

Yogyakarta (MAN2YK) – Terjadinya perubahan paradigma dalam pendidikan harus disikapi dengan kemauan untuk berubah yang harus diawali dari diri sendiri. Perubahan ini dimulai dengan pemahaman bahwa pendidikan dewasa ini lebih menitikberatkan pada siswa. Dengan demikian guru tidak lagi menjadi sosok yang dominan dalam pembelajaran. Kemampuan berfikir tingkat tinggi dapat dilatih melalui proses pembelajaran di dalam kelas. Berawal dari pembelajaran di dalam kelas ini diharapkan siswa terbiasa denga berfikir kritis sehingga mampu memecahkan soal-soal dengan pemikiran tingkat tinggi atau HOTS. Tidak hanya berhenti di kegiatan pembelajaran, ujian sebagai salah satu alat ukur pencapaian kompetensi juga sangat penting.

Untuk memberikan wawasan dan gambaran  terkait penyusunan soal HOTS, bertempat di aula lantai tiga MAN 2 Yogyakarta mengadakan workshop penyususnan soal HOTS dengan narasumber pengawas Kemenag Kota Drs.H.Paiman,M.A Kamis(13/07).

“Banyak yang terjebak bahwa soal HOTS itu harus sulit. Padahal soal yang diberikan dan jawaban masih bisa ditemukan dari wacana tanpa menganalisis maka soal tersebut masih belum HOTS. Maka jawaban haruslah yang menuntut berpikir tingkat tinggi atau menganalisis” jelas Drs.H.Paiman,M.A

Sementara Evi Effrisanti,S.TP selaku wakil kepala bidang Kurikulum menyampaikan “Soal-soal HOTS merupakan penilaian yang berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, dan diharapkan siswa dapat menerapkan konsep-konsep pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan masalah”.(Diw)

Komentar Anda