MAN 2 Yogyakarta Kembangkan Sistem Androprint Untuk Presensi Siswa

Yogyakarta (MAN2YK)- Pemanfaatan Teknologi menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan gawai untuk pengelolaan kehadiran siswa dengan menggunakan android. Memanfaatkan peluang ini maka MAN 2 Yogyakarta terhitung mulai Oktober menerapkan sistem presensi kehadiran siswa dengan menggunakan Androprint. Aplikasi dapat diunduh di Play Store sehingga memudahkan siswa melakukan presensi melalui HP.

Bermula dari mengikuti pelatihan di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY yang menyelenggarakan Program Akselerasi Pengembangan Pendidikan Terkemuka 2018, Rabu (29/08) maka Surya Tryana Suprihatin,S.Pd dan Fajar Rahmadi,M.Sc mengelola kegiatan ini sebagai sarana mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile learning.

Surya Tryana Suprihatin,S.Pd selaku pengelola Web MAN 2 Yogyakarta mengatakan”Harapan kami aplikasi Androprint ikut berperan bagi akselerasi pengembangan pendidikan di DIY. Kedepan Androprint diharapkan dapat dikembangkan menjadi aplikasi induk madrasah yang dapat diakses tidak hanya konsen pada presensi saja namun meluas pada semua data siswa dan dapat diakses orang tua siswa dari rumah”jelasnya.

Sementara Fajar Rahmadi,M.Sc berpendapat” Ini merupakan tantangan yang memberikan pengalaman tersendiri bagi kami. Karena setelah siswa berhasil melakukan presensi melalui aplikasi Androprint selanjutnya kami akan mengolah data. Harapannya ini juga bisa membantu pekerjaan wali kelas untuk memiliki rekap kehadiran sehingga meminimalisir penanganan keterlambatan kehadiran dan menertibkan siswa”pungkasnya.( Diw)

Komentar Anda