Mengukir Prestasi Melalui Bahasa Jepang Bersama MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN2YK)- Komunitas Gadjah Mada Bunka Taikai ( GAMABUNTA) menyelenggarakan festival budaya Jepang dan beberapa lomba edukatif bertemakan budaya dan pendidikan Jepang yaitu lomba Hirakata (Olimpiade Hiragana Katakana), Roudoku ( membaca teks ) dan Lomba Cerdas Cermat.

Bahasa Jepang memang memiliki keunikan tersendiri baik cara pengucapan maupun penulisannya. Tiga huruf sekaligus dapat digunakan dalam satu kalimat merupakan salah satu contoh keunikan di dalam penulisan Bahasa Jepang. Hal inilah yang biasanya dijadikan perlombaan sekaligus cara untuk memperkenalkan kepada khalayak ramai terutama siswa agar lebih tertarik dalam mempelajari Bahasa Jepang.

“Saya memang sejak awal tertarik dengan Bahasa Jepang. Di MAN 2 Yogyakarta ini saya merasa mendapatkan tempat untuk mengembangkan minat saya karena saya mendapatkan bimbingan. Banyak hal yang saya tidak tahu dan saya tanyakan kepada sensei (guru) yang mengajar Bahasa Jepang disini” jelas Jelang Ramadhan siswa kelas XII IBB yang berhasil meraih juara 1 lomba Hirakata 2018 yang diselenggarakan di JEC (28-30/9).

Jelang Ramadhan bukan hanya kali ini saja mendapatkan kejuaraan. Banyak prestasi yang sudah diraih sejak duduk di kelas X. Diantaranya Juara 3 Lomba Kana Westforia DIY-Jateng 2017, Juara 1 Lomba Kana Nihongo No Hi UGM Wilayah DIY-Jateng 2018. Dan berhasil mendapatkan sertifikat Japanese Language Proficiency Test N5 yaitu sertifikat bagi yang sudah berhasil mengikuti Ujian Kemampuan Bahasa Jepang dengan standart International diselenggarakan oleh The Japan Foundation.

“Bersyukur dengan apa yang bisa diraih oleh siswa dan berharap semoga Bahasa Jepang semakin banyak diminati dan dikuasai sebagai salah satu jembatan untuk bisa membuka wawasan tentang dunia Internasional. Kuncinya adalah terus berlatih karena tidak ada kata sulit bagi siapa saja yang mau belajar” tandas Diah Wijiastuti selaku guru Bahasa Jepang.( Diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.