Teaterikal Semarakkan Sumpah Pemuda di MAN 2 Yogya

Yogyakarta (MAN2YK)- Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kutipan diatas adalah teks sumpah pemuda yang diikrarkan pertama kali di acara kongres pemuda yang lahir sebagai pemersatu bangsa indonesia dan dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda lahir dari sebuah keprihatinan bangsa terutama anak-anak muda pada tahun 1928. Hal ini menjadi sebuah inspirasi tersendiri bagi siswa-siswi MAN 2 Yogyakarta untuk berekspresi melalui teaterikal dengan judul “ Sejarah Sumpah Pemuda “.

Sebuah drama teaterikal yang disutradarai oleh Annas Prasetya,S.pd berdurasi kurang lebih 20 menit ini melibatkan 53 siswa dari kelas X dan XI IBB. Pertunjukan ini digelar di halaman belakang MAN 2 Yogyakarta Senin ( 29/10 ) seusai upacara bendera.

Bertindak selaku pembina upacara, Drs.H. Mardi Santosa menyampaikan pesan agar sebagai pemuda dan pemudi penerus bangsa harus tangguh dalam menghadapi tantangan jaman sekarang. “ Kecakapan hidup tidak datang dengan sendirinya melainkan harus dipupuk dan terus dikembangkan. Karena di tangan para pemuda nasib bangsa ini ditentukan.” Jelasnya.

Selain upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda juga dilaksanakan sertijab pengurus OSIS masa bakti 2018-2019. “ Sebagai pengurus OSIS yang baru maka bertindaklah sebagai pemimpin yang benar-benar amanah untuk kemajuan madrasah terlebih untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.” tambah Mardi.

Seusai upacara siswa dipersilahkan beristirahat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai macam lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.( Diw)

Artikel yang Direkomendasikan