Kelas XII Perluas Wawasan Dengan Jelajah Kampus

Yogyakarta (MAN2Yk)-Tidak hanya berorientasi di dalam wilayah Yogyakarta maka MAN 2 Yogyakarta mengadakan Tour De Campus untuk memberikan wawasan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Adapun PTN yang menjadi tujuan adalah IAIN Surakarta, Unversitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta, ISI Surakarta. Kegiatan dilakukan pada Senin (19/11) diikuti siswa kelas XII dari 4 Jurusan IPA, IPS, IBB dan IIK dengan 12 pendamping.

Bertempat di aula IAIN Surakarta rombongan diterima dan disambut oleh Wakil Rektor II Dr.H Muhammad Munadi, M.Pd didampingi oleh Kabag Akademik Kemahasiswaan Rudi Hartono,A.K.S. Turut hadir dan memberikan sambutan adalah Wakil Rektor III Dr.H.Syamsul Bakri,M.Ag. Syamsul berpesan “ Silahkan memutuskan pilihan, dan selamat bergabung dengan kami di IAIN Surakarta. Dikarenakan animo masyarakat yang ingin kuliah disini sangat tinggi maka persiapkan diri kalian. Tahun kemarin dari 23 ribu pendaftar hanya 3.600 calon mahasiswa yang berhasil lolos dan diterima,” pesannya. Total mahasiswa 16 ribu terbagi dari jenjang S1,S2 dan S3 dengan 23 Prodi dan 9 Prodi terakreditasi A.

Sementara di kampus tujuan kedua adalah Universitas Sebelas Maret ( UNS ) siswa diberikan wawasan terkait kerjasama Internasioanl dan di usia yang ke 40, UNS mendapat kehormatan dari Kemenristek Dikti sebagai Perguruan Tinggi menuju World Class University. Suasana semakin meriah ketika Ummu Latiffah alumni MAN 2 Yogyakarta yang sedang menempuh kuliah di jurusan Fisika Murni hadir dan menyapa para siswa.  Ummu menyampaikan “ Jangan kalian merasa ragu atau minder, saya adalah salah satu bukti bahwa siswa madrasah juga mampu bersaing dengan siswa sekolah umum,” sapa Ummu yang disambut tepuk tangan meriah oleh semua siswa.

Di kampus tujuan ketiga yaitu ISI Surakarta, rombongan disambut oleh Anhar Widodo,S.Sos selaku Staff Humas ISI Surakarta. Dalam sambutannya Anhar berpesan,” Seni itu tidak ada harga pasaran. Kecerdasan akademik sangat diperlukan, akan tetapi atittude adalah harga yang tidak bisa ditawar. Dan seni adalah sesuatu yang tidak bisa dipaksakan meskipun seni adalah semua hal yang diciptakan manusia, mengandung unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Oleh karena itu tentukanlah pilihan anda berdasarkan pada apa yang anda yakini sebagai media untuk memperkaya wawasan dan mengembangkan diri,” paparnya.

Dyah Estuti Tri Hartini, S.Pd mengungkapkan kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun untuk memberikan wawasan perguruan tinggi. Dengan harapan akan semakin banyak siswa yang memiliki daya saing dan keunggulan bersaing.( Diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.