Penilaian Tengah Semester Berbasis Online

Yogyakarta (MAN2YK)-. Dalam rangka mengukur hasil belajar siswa pada Semester DuaTahun Pelajaran 2018/2019 maka MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Berlangsung selama tujuh hari (23/02 – 02/03) setiap hari mengujikan 3 mata pelajaran kecuali Jum’at (01/03) dengan 2 mata pelajaran.

Ada yang berbeda dari penyelenggaraan ujian kali ini. Untuk pertama kalinya PTS dilaksanakan dengan sistem daring (online). Setelah melalui masa ujicoba pada sepekan sebelumnya diharapkan kegiatan PTS kali ini berjalan lancar. Kegiatan melibatkan tim IT yang memantau jalannya kegiatan dan menangani masalah-masalah teknis yang kemungkinan muncul.

Dengan didukung sarana penyediaan Wifi sejumlah 458 siswa mengakses soal-soal melalui Handphone (HP) masing-masing. Kecuali 25 siswa yang berkendala terkait tidak terpenuhinya standart HP yang mendukung, maka madrasah memfasilitasi dengan penggunaan komputer di laboratorium TIK.

“ Awalnya sempat khawatir karena ini pertama kalinya ujian secara online. Tapi setelah berjalan 5 soal, alhamdulillah lancar,” ungkap Wulan Sawitri siswa kelas XI IBB.

Sri Dewi Subaroroh,S.Pd selaku ketua panitia penyelenggara PTS menyampaikan  “ Karena baru pertama kalinya kami menyelenggarakan ujian berbasis online maka pastinya akan kami adakan evaluasi di beberapa hal. Selain itu kami juga akan terus berbenah agar ke depan sistem ini dapat kami pergunakan secara maksimal untuk penyelenggaraan penilaian atau ujian,” paparnya.

Drs.H.Mardi Santosa selaku Kepala Madrasah mengapresiasi kegiatan ini dan berpesan agar semua pihak mendukung demi lancarnya penyelenggaraan ujian berbasis online sehingga gerakan pengurangan penggunaan kertas dapat diwujudkan.(Diw)

Artikel yang Direkomendasikan