Aksi 8 Siswa Mandaya di Kemah Saka Kalpataru

Yogyakarta (MAN2Yk)- Delapan siswa MAN 2 Yogyakarta terdiri dari 4 putra dan 4 putri mengikuti kegiatan Kemah Saka Kalpataru yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Banaran Kidul Banguncipto Sentolo Kulon Progo pada Jum’at-Ahad (29-31/03).

Kedelapan siswa tersebut diharapkan mampu menjadi kader-kader mandiri dalam rangka pembentukan kader lingkungan hidup melalui gerakan pramuka dan kader adiwiyata yang diselenggarakn oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Ferri Trijatmiko selaku Ketua Pinsaka Kalpataru Kota Yogyakarta dan dihadiri oleh pembina pramuka Kwarcab, Mabi Saka dan Saka lainnya.

Setelah acara mendirikan tenda dan sholat Jum’at dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis dan juga pemutaran film bertema lingkungan hidup serta sarasehan.

Pada hari Sabtu (30/03) dilaksanakan berbagai praktek diantaranya adalah penjernihan dan pengujian kualitas air. Selain itu praktek biopori dan urban farming (pembibitan tanaman) juga dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan memberikan pengalaman keterlibatan langsung terhadap prosesnya.

Endang Wahyuni,S.Pd selaku pembina menyampaikan ” Kami berharap pada kedelapan siswa ini agar sekembalinya dari kemah nantinya mampu memberikan wawasan dan mengajak teman-temannya akan pentingnya memiliki pengetahuan tentang lingkungan hidup dan alam sekitar dan menjadi pelopor untuk menjaga kelestarian alam,” jelasnya.

Kepala madrasah Mardi Santosa mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa juga akan dilakukan oleh saka-saka yang lainnya.(Diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.