Berkat Jengkol Tim Mandaya Juara 3 Lomba Bisnis Plan

Yogyakarta(MAN2Yk)- Siapa yang tidak kenal Jengkol. Semua orang mengetahuinya meski tidak semua orang menyukainya. Aromanya yang khas membuat sebagian orang enggan mengkonsumsi jengkol. Padahal khasiat yang ada di dalam kandungan jengkol sangat banyak. Diantaranya adalah sumber protein, mencegah anemia, mengandung anti oksidan dan banyak lagi khasiat lainnya. Berawal dari alasan tersebut maka muncullah ide yang digagas oleh tim KIR Mandaya untuk memulai menampilkan jengkol dalam bentuk lain.

Berkat Jengkol inilah akhirnya tim KIR Mandaya yang terdiri dari Ayu Putri Pertiwi(XI IIK), Embun Lahfah El Khalieqy (X IPS 3) dan Dian Anggraeni Putri (X IPS3) dibawah bimbingan Retno Nurwulandari,S.E mampu meraih juara 3 dalam lomba yang diselenggarakan oleh Jama’ah An-Nahl Unit Kegiatan Mahasiswa Islam, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Sabtu (30/03).

“ Wedhang Jering” adalah nama yang disematkan untuk produk hasil tim KIR Mandaya merupakan singkatan dari “ Jengkol Idolane Inyong”. Sebuah olahan dari jengkol dengan cara penyajian seperti menyeduh kopi ini diharapkan mampu diterima oleh masyarakat banyak sebagai minuman alternatif sejajar dengan kopi.

“ Kami berupaya untuk membuat jengkol yang awalnya tidak begitu banyak disukai menjadi sesuatu yang bisa diterima di masyarakat dan semakin banyak yang menyukai, sehingga dengan mengkonsumsi olahan jengkol ini bisa didapatkan manfaat bagi banyak orang,” papar Retno.

Kepala madrasah Mardi Santosa mengapresiasi hasil karya tim KIR Mandaya dan berharap semoga dapat dikembangkan lagi atau menjadi bahan rujukan bagi peneliti lain sehingga dapat terjalin kerja sama demi memasyarakatkan jengkol agar dapat diterima oleh lebih banyak orang.(Diw)

Artikel yang Direkomendasikan