MAN 2 Yogyakarta Menjadi Tuan Rumah Kegiatan KSM Kota Yogyakarta 2019

Yogyakarta (MAN2YK)- Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebagai ajang berkompetisi dalam bidang sains diselenggarakan oleh Kementerian Agama diperuntukkan bagi siswa madrasah baik ibtidaiyah, tsanawiyah maupun aliyah. Tahun ini penyelenggaraan KSM tingkat kabupaten/kota untuk wilayah kota Yogyakarta bertempat di MAN 2 Yogyakarta pada Sabtu (20/07).

Sejumlah 176 siswa terdiri dari 22 siswa MI, 49 siswa Mts, dan 105 siswa MA harus berkompetisi di bidang masing-masing untuk menjadi yang terbaik dan lolos menuju babak selanjutnya. Peserta yang berhasil lolos tahap seleksi kabupaten/kota ini masih akan berlanjut ke tingkat provinsi yang dijadwalkan pada 3 Agustus 2019 mendatang. Peserta yang lolos tingkat provinsi akan melanjutkan berkompetisi di tingkat nasional pada bulan September.

MAN 2 Yogyakarta Menjadi Tuan Rumah Kegiatan KSM 2019

Adapun bidang-bidang yang dilombakan untuk jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi  dan Sains IPA Terintegrasi. Untuk jenjang MTs bidang yang dilombakan adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi. Dan di jenjang MA bidang yang dilombakan adalah Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi dan Fisika Terintegrasi.

Hal ini merujuk pada konsep penyusunan soal KSM yang terintegrasi dengan ilmu keislaman karena integrasi sains dan Islam tidak cukup sekedar diwacanakan. Salah satu contohnya soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam misalkan zakat, falak dan tema lainnya.

Secara umum KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motifasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nikai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Nur Abadi,M.A berharap melalui ajang KSM ini akan bermunculan siswa-siswa berprestasi yang dapat mengharumkan nama madrasah sehingga menambah kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Agama.” Saya percaya bahwa siswa-siswi yang dikirim saat ini adalah yang terbaik diantara yang baik. Yang sejak jenjang MI sudah terbiasa berkompetisi harus terus mendapatkan pendampingan dan bimbingan agar terus berprestasi di jenjang selanjutnya,” jelas Nur Abadi.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Mardi Santosa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai tempat penyelenggaraan KSM tahun ini.” Terima kasih karena ini adalah penghargaan luar biasa kepada kami karena dipercaya sebagai tuan rumah. Dan kami juga membuka tangan untuk kegiatan lainnya jika memang dipandang layak, sehingga kamipun banyak belajar dari berbagai macam penyelenggaraan kegiatan,” imbuh Mardi. (Diw)

Artikel yang Direkomendasikan