MAN 2 Yogyakarta Latihan Pengamatan Ru’yatul Hilal

Yogyakarta (MAN2YK)- Bertujuan untuk memberikan wawasan bagi siswa MAN 2 Yogyakarta tentang metode penentuan awal bulan Dzulhijah, maka siswa Kelas XI Ilmu-Ilmu Keagamaan MAN 2 Yogyakarta turut serta melakukan pengamatan awal bulan Dzulhijah tahun 1440 H di  Pusat Observasi Bulan Syaikh Bela-Belu di Desa Parangtritis Kecamatan Kretek Kabupaten  Bantul pada Kamis (01/08).

Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa memiliki pemahaman yang benar mengenai sistem penentuan awal bulan qomariyah yang selanjutnya bisa ditularkan ke masyarakat sekitar. Kegiatan praktik pengamatan ini diikuti sebanyak 22 siswa dan 9 pembimbing. H. Riza Faozi, S.Ag., M.Si salah satu pembimbing siswa menyatakan” kegiatan ini merupakan agenda rutin madrasah untuk program ilmu-ilmu keagamaan. harapan kami, hal ini mampu menambah motivasi peserta didik dengan model pembelajaran di luar kelas dan bisa melihat langsung bagaimana cara mengamati dan menentukan awal bulan qomariyah,” tutur Riza.

Perkuat Pemahanan Penentuan Awal Bulan Qomariyah  Siswa MAN 2 Yogyakarta Ikuti Ru’yatul Hilal

Kegiatan pengamatan ru’yatul hilal ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DIY. Dalam  Sambutannya Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY Bapak Drs. Edi Gunawan M.Pd.I menjelaskan bahwa kegiatan ini yang bertemakan  “Menyongsong Hari Raya Qurban untuk mengokohkan kebersamaan” disamping untuk mengkonfirmasi informasi hisab awal bulan dengan mengamati langsung posisi bulan sebagai bahan pertimbangan Kemenag RI untuk menentukan Awal Bulan Dzulhijah dan pelaksanaan sholat idul adha juga dalam rangka menjalin ukhuwah intern umat beragama. (FBR/Diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.