Raih Juara Pertama MAN 2 Yogyakarta Mewakili DIY Ke Jambore Sastra Nasional

Yogyakarta (MAN2YK)- Menjadi penyaji terbaik dalam gelaran Jambore Sastra, Festival Sastra tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Yogyakarta di ruang Ranggawarsita MAN 2 Yogyakarta mengalahkan pesaing-pesaingnya, Rabu (07/08). Drama “Cahaya Rumah Ayah” memukau dewan juri dan penonton. “Aturan dari balai bahasa, bahwa drama pendek yang disajikan adalah drama yang bersumber dari karya sastra prosa. Bisa cerpen bisa novel, dan lain sebagainya. Kami menggarap  naskah “Cahaya Rumah Ayah”, naskah yang disadur dari cerita pendek (cerpen) karya salah seorang sastrawan maestro yakni Ahmad Tohari,” jelas Anas, pembimbing lomba.

MAN 2 Yogyakarta diwakili oleh 6 siswa, yakni Sharully Akbar Islami (XII MIPA 3), Rovinka Salma Moenikha (XII IIK), Muamar Anugrah Bagas (XI IIK), Lyana Khisna Nafi’ah (XI MIPA2), Fadian Kharisma Marhati dan Lucky Puspita Wira Kusuma Raharja (XI IBB). Kegiatan Festival Sastra dimulai sekitar pukul 09.00 wib dan baru selesai sekitar maghrib. Seusai sholat, panitia mengumumkan hasil lomba. Terbaik pertama MAN 2 Yogyakarta, terbaik 2 SMAN 2 Bantul, terbaik 3 SMKN 1 Pengasih Kulon Progo, terbaik ke 4 MAN 1 Bantul, dan SMAN 1 Kalibawang.

Setelah menjadi terbaik pertama, MAN 2 Yogyakarta akan menjadi wakil dari DIY ke ajang Jambore Sastra Nasional. “Selain dilombakan ajang ini juga merupakan seleksi Jambore Sastra Nasional. Sehingga MAN 2 Yogyakarta sebagai juara pertama, akan mewakili DIY di acara Jambore Sastra Nasional 2019 di Bandung, Jawa Barat,” papar Adi Setiyoko, panitia Balai Bahasa Yogyakarta.

Kepala MAN 2 Yogyakarta Mardi Santosa mengapresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan selamat kepada tim atas capaian prestasi kali ini. “Teruslah berkarya apapun bidang masing-masing. Karena setiap pribadi memiliki potensi yang tidak terbatas. Jadi selama itu adalah prestasi positif teruslah menggali dan tampilkan,” pesan Mardi.(Ans/Diw)

Artikel yang Direkomendasikan