Semangat Guru Mengikuti Bimtek

Guru dan pembelajaran tidak bisa dipisahkan. Karena guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi. Sementara kegiatan pembelajaran adalah kegiatan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik.

Disamping tugasnya melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru juga dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan diri dalam hal mengembangkan profesinya. Kemapuan menyusun Buku Pedoman Guru dan Modul Pembelajaran sangat diperlukan untuk menunjang pengembangan profesi tersebut. Berangkat dari tujuan inilah, MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknik (Bimtek) Penyusunan Proposal Penelitian dan Penyusunan Buku Pedoman Guru dan Modul Pembelajaran. Terbagi menjadi dua kelas dengan menempati Laboratorium Bahasa dan Lab. TIK, kegiatan menghadirkan dua narasumber yaitu Reni Herawati,M.Pd dan Ida Uswatun Khasanah,M.Pd. pada Jum’at (1/11).

Kembangkan Profesi Guru, MAN 2 Yogyakarta Selenggarakan Bimtek

Kembangkan Profesi Guru, MAN 2 Yogyakarta Selenggarakan Bimtek

Dalam penjelasannya Ida menyampaikan bahwa dalam Rencana Pengembangan Pembelajaran bagi peserta didik dan Rencana Pengembangan Profesi Guru merupakan upaya dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran bagi peserta didik sendiri maupun bagi guru. “ Keduanya penting, karena melalui rencana kerja tersebut guru mempunyai pedoman untuk mengembangkan profesinya. Dan Buku Pedoman Guru juga dapat digunakan oleh Kepala Madrasah atau pengawas dalam mengevaluasi kinerja guru yang bersangkutan,” papar Ida.

Sementara itu di Laboratorium TIK, Reni memberikan salah satu contoh model pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL). Guru harus berperan sebagai fasilitator untuk membantu peserta didik dalam upaya mendapatkan dan memproses informasi.” Berikan ruang agar peserta didik bertanggung jawab terhadap proses belajar. Arahkan mereka agar aktif dalam mencari pengetahuan,” tegas Reni.

Waka Kurikulum Evi Effrisanti, S.TP memberikan apresiasi terhadap semua guru yang telah antusias mengikuti kegiatan sampai akhir dan dengan totalitasnya telah menyelesaikan Bab I dan Bab II dalam kegiatan bimtek kali ini.” Baik ibu Reni maupun Ibu Ida bersedia meluangkan waktu untuk melayani konsultasi terkait materi hari ini. Dan tentu saja kami akan memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” tandas Evi.(diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.