Akreditasi Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta Berhasil Meraih Nilai A

Setelah melewati proses panjang, akhirnya tim akreditasi MAN 2 Yogyakarta dapat bernafas lega dengan mendapatkan undangan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) perihal penyerahan sertifikat Akreditasi Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada Kamis (26/12).

Enam Borang yang diukur dalam kegiatan akreditasi perpustakaan yaitu Koleksi, Sarana Prasarana, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan, Pengelolaan, dan unsur penguat meliputi Inovasi dan Keunikan mampu dipenuhi oleh tim akreditasi perpustakaan sehingga mendapatkan apresiasi dari tim penilai.

Akreditasi Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta Berhasil Meraih Nilai A

Persiapan menuju akreditasi perpustakaan telah disiapkan jauh hari sebelumnya, tepatnya satu tahun sebelum akhirnya tim akreditasi MAN 2 Yogyakarta menyatakan siap untuk dilakukan penilaian. Afwan Suhaimi Dwi Rohadi,S.Pd selaku penggagas dan pembentuk tim akreditasi melakukan konsultasi sekaligus merancang konsep interior perpustakaan. Dalam perjalanan waktu manajemen perpustakaan berganti, dan dibawah Kepala Perpustakaan Sri Narwanti,S.Pd maka estafet persiapan tetap dilanjutkan. Hingga akhirnya sampai di tahap penilaian.

“Akreditasi perpustakaan tidak bisa diwujudkan dalam waktu singkat. Perlu upaya bertahap agar segala aspek sesuai standart perpustakaan nasional dapat tercukupi. Maka perlu program, kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan. Dan setiap aspek di madrasah turut serta memiliki andil dalam mensukseskan akreditasi perpustakaan ini. Jadi sekali lagi ini adalah kerja keras tim yang solid, sehingga memperoleh hasil seperti sekarang ini,” papar Narwanti. Lebih jauh dia berharap bahwa akreditasi bukan sekedar label namun harus menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pembelajaran serta mampu meningkatkan literasi bagi semua warga madrasah khususnya siswa.

Dari 29 sekolah yang di undang oleh BPAD, MAN 2 Yogyakarta merupakan satu-satunya yang berada di bawah naungan Kementerian Agama. Sementara dua madrasah lain yaitu MAN 3 Bantul dan MAN 2 Sleman masih menunggu untuk periode selanjutnya. Semoga dengan bertambahnya madrasah yang mencapai akreditasi perpustakaan akan semakin memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di lingkungan madrasah.

Kepala Madrasah Mardi Santosa menyampaikan rasa syukurnya dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim akreditasi perpustakaan MAN 2 Yogyakarta.” Ini pertama kalinya MAN 2 Yogyakarta maju untuk akreditasi perpustakaan. Sebuah perjuangan yang luar biasa dari sebuah tim untuk mewujudkannya. Dan nilai A yang diperoleh adalah hadiah terindah untuk sebuah kerja keras ini. Tidak ada superman atau superwoman, yang ada yaitu super tim, maka sekali lagi selamat untuk tim yang telah berusaha maksimal dan semoga hasilnya membawa dampak kebaikan dan keberkahan bagi kita semua,” pungkas Mardi.(diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.