Pegawai MAN 2 Yogyakarta Adakan Outbond

Salah satu program kegiatan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia adalah pelaksanaan Capacity Building yang merupakan sarana edukasi melalui aktifitas-aktifitas yang menarik. Dengan program ini peserta juga bisa mengeksplorasi alam dan berinteraksi dengan teman-temannya, dengan lebih akrab serta bersosialisasi terhadap lingkungan yang baru. Untuk mencapai tujuan tersebut maka MAN 2 Yogyakarta mengadakan kegiatan tersebut yang diikuti oleh seluruh pegawai Tata Usaha pada Senin-Selasa (23-24/12) dengan mengambil lokasi di Wonosobo, Jawa Tengah.

Bentuk dari Capacity Building kali ini dilaksanakan di alam terbuka dengan kegiatan yang banyak melibatkan latihan fisik, mental dan disiplin untuk dapat menghadapi berbagai rintangan dan dilatih untuk mencari solusinya agar bisa bekerjasama dengan team (team work). Adapun rintangan-rintangan itu sebenarnya adalah merupakan suatu latihan untuk dapat mengantisipasi berbagai persoalan-persoalan di dalam kehidupan yang sering terjadi. Secara garis besar peserta dilatih untuk dapat mencari jalan keluar apabila setiap individu mengalami berbagai persoalan.

Membangun Kepribadian Unggul, Pegawai MAN 2 Yogyakarta Adakan Outbond

Di dalam acara capacity building peserta difokuskan untuk bisa bekerjasama di dalam team dan memupuk rasa solidaritas yang tinggi sesama peserta. Dan aplikasinya di dalam pekerjaan agar supaya ada toleransi di antara masing-masing bidang terkait dan tidak mementingkan diri sendiri. Capacity Building akan membentuk pribadi yang mandiri, tegar, rasa solidaritas yang tinggi sesama teman dan kerjasama teman yang baik sehingga suatu target akan lebih mudah tercapai apabila dilakukan secara kompak dan terarah.

Peserta Kegiatan Capacity Building dilepas oleh Kepala Madrasah Drs H. Mardi Santosa yang tidak bisa membersamainya dikarenakan pada saat yang bersamaan ada kegiatan Rapat Kerja K2MA di Baturaden, Purwokerto. Mardi menekankan bahwa kegiatan seperti ini harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya sebagai sarana edukasi dan sarana rekreasi. “Dalam melaksanakan kegiatan di luar madrasah saya berharap semuanya tetap menjaga citra sebagai pegawai pada Kementerian Agama,” pesan Mardi.

Sementara itu salah satu peserta kegiatan Murtiono selaku petugas kebersihan menyatakan senang, dan puas. Berharap kegiatan seperti ini diadakan setiap tahun sebagai upaya membangun kebersamaan dan sarana menambahkan energi positif bagi semua peserta. Menurut Kepala Tata Usaha Drs.Ahmad Munajad Aminarto selaku penanggungjawab kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan Capacity Building akan diprogramkan dan laksanakan setiap tahun, hal itu dilakukan untuk memberikan penyegaran kembali, meningkatkan motifasi dan kinerja para pegawai.

“Pelaksanaan kegiatan serupa akan dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran di dalam kelas sedang libur setelah berakhirnya Penilaian Akhir Semester (PAS). Tujuannya agar tidak mengganggu pelayanan kepada pelaksanaan pembelajaran. Banyak pelajaran yang didapatkan dari kegiatan ini. Dengan usaha keras yang dilakukan secara berkesinambungan, kompetensi pegawai yang baik diharapkan dapat ditingkatkan. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin diraih jika kita bersungguh-sungguh. Impossible is nothing,” tambah Amin.(diw)

Artikel yang Direkomendasikan