Siswa MAN 2 Yogyakarta Laksanakan PLK di Sangiran

Pembelajaran Luar Kelas (PLK) merupakan salah satu metode pembelajaran efektif untuk berbagai tujuan. Selain upaya untuk menyelenggarakan kegiatan belajar yang menyenangkan karena dilaksanakan di luar lingkungan madrasah, juga dapat dijadikan sarana pembelajaran pembentukan karakter. Dengan PLK siswa diharapkan dapat memiliki jiwa petualang sekaligus sosialis, humanis.

Dalam rangka menyelenggarakan pembelajaran yang menyegarkan sekaligus menambah wawasan tentang situs-situs bersejarah, MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan PLK dengan mengambil lokasi utama Musium Sangiran, dilanjutkan Puro Mangkunegaran, Surakarta.

Siswa MAN 2 Yogyakarta Laksanakan PLK di Sangiran

Siswa MAN 2 Yogyakarta Laksanakan PLK di Sangiran

Siswa MAN 2 Yogyakarta Laksanakan PLK di Sangiran

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (10/03/2020) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan 15 pendamping. Ketua panitia Afwan Suhaimi menyampaikan bahwa selain siswa diperkenalkan dengan keberadaan situs Sangiran dan Puro Mangkunegaran diharapkan siswa semakin mengenal warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

”Selain itu, dengan memiliki pengetahuan tentang kekayaan budaya yang kita miliki, akan tumbuh rasa bangga dan percaya diri yang semoga dapat menumbuhkan semangat atau motifasi pada siswa untuk mempelajari lebih jauh lagi, memperdalam ilmu yang diperoleh sehingga kelak akan tumbuh individu-individu yang mencintai budaya bangsa sekaligus membuka wawasan tentang dunia kerja maupun disiplin ilmu di masa mendatang,” papar Afwan.

Ditambahkan siswa menerima penjelasan dari pemandu baik di Sangiran maupun Puro Mangkunegaran, ada Lembar Kerja Siswa (LKS) yang harus diisi sebagai bahan laporan kegiatan siswa. Para siswapun dengan antusias mendengarkan pemaparan pemandu dan menuliskannya di LKS yang telah dibagikan. Naswa Alfista Khansa (X ILC) mengaku merasa senang dengan kegiatan kali ini.

“Selain menjadi tambah wawasan tentang sejarah, sebagai generasi milenial sepertinya tempat-tempat ini (Sangiran dan Puro Mangkunegaran) bagus buat bikin vlog. Apalagi dengan menggunakan bahasa asing bisa dijadikan sarana mempromosikan tempat ini tidak hanya untuk tingkat nasional bahkan bisa internasional, supaya makin banyak dikenal dan mendatangkan para wisatawan,” tambah Naswa.(diw)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.