MAN 2 Yogyakarta Gelar Workshop Pelaksanaan Sistem Kredit Semester

Yogyakarta (MAN 2 Yk)—Pada tahun pelajaran 2020/2021, MAN 2 Yogyakarta  mulai menerapkan Pelayanan Sistem Kredit Semester (SKS). Sebagai langkah awal untuk pembekalan pada guru dan pegawai, telah digelar Workshop Pelaksanaan Program SKS dengan narasumber Yanti Wijihastuti, M.Hum, guru Bahasa Inggris SMA N 1 Bantul pada Sabtu (18/07/2020). Workshop pelaksanaan program SKS dilaksanakan di aula lantai 3 MAN 2 Yogyakarta. Nara sumber didatangkan dari SMA N 1 Bantul, yang telah melaksanakan pelayanan penerapan SKS selama tiga tahun.

Yanti Wijiastuti pada paparannya menjelaskan, “Penerapan SKS memfasilitasi peserta didik sesuai dengan kecepatan belajarnya. Rombel bersifat dinamis, biasanya berbentuk heterogen. Ada yang cepat, normal dan kurang cepat. Ada kelas heterogen yang terdiri dari cepat dan normal saja. Untuk siswa berkategori cepat dapat menyelesaikan SKS dalam waktu 2 tahun. Untuk siswa berkategori sedang menyelesaikan SKS selama 3 tahun, untuk siswa kurang cepat, menyelesaikan SKS dapat lebih dari 3 tahun.”

MAN 2 Yogyakarta Gelar Workshop Pelaksanaan Sistem Kredit Semester

MAN 2 Yogyakarta Gelar Workshop Pelaksanaan Sistem Kredit Semester

Lebih lanjut Yanti menandaskan, guru harus siap rekoso untuk dapat melayani kemampuan masing-masing siswa, karena pada kenyataannya kemampuan siswa memang heterogen. Sebagai guru, kita dituntut harus keluar dari zona nyaman. Harus siap menghadapi berbagai kendala dan permasalahan. Guru mempersiapkan terlebih dahulu Unit Kegiatan Belajar Mandiri sebagai pendamping Buku Teks Pelajaran (BPT). Pelayanan penerapan SKS adalah bentuk pelayanan prima terhadap peserta didik. Dituntut keikhlasan tinggi, kesabaran, ketelatenan, dan siap melakukan pelayanan prima pada peserta didik. Jika dilakukan dengan bersungguh-sungguh, maka kesuksesan proses pembelajaran dapat diwujudkan.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. Mardi Santosa pada saat membuka acara menghimbau guru MAN 2 Yogyakarta mengikuti workshop dengan baik dari awal sampai akhir acara. Guru diminta untuk dapat mengambil wawasan dan pengetahuan sebanyak-banyaknya pada narasumber agar pelaksanaan penerapan SKS di MAN 2 Yogyakarta dapat berjalan lancar dan sukses. Setelah pembukaan dari Kepala MAN 2 Yogyakarta, dilanjutkan acara inti workshop yang dipandu oleh Ketua Unit SKS, Hastuti Praptiningsih, M.Pd.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta workshop pelaksanaan SKS, antara lain tentang ketuntasan KD, penilaian, bentuk UKBM, sharing permasalahan yang dialami SMA N 1 Bantul, dan sebagainya.

Workshop ditutup dengan doa, penguatan komitmen seluruh keluarga besar MAN 2 Yogyakarta untuk siap sukseskan penerapan pelaksanaan SKS di tahun pelajaran 2020/2021. (pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.