Sosialisasi Program Peminatan dan Penguatan Bahasa Asing

Dengan Surat Keputusan  Dirjen Pendis  Kemenag RI nomor 2851 tahun 2020 tentang penetapan Madrasah Plus Ketrampilan Tahun 2020, MAN 2 Yogyakarta ditetapkan sebagai Madrasah Plus Ketrampilan Broad Casting, Film, Multi Media. Berkenaan dengan hal ini, maka MAN 2 Yogyakarta gelar sosialisasi Program Peminatan dan Penguatan Bahasa Asing kepada siswa dan orang tua siswa kelas X unggulan International Language Class (X ILC) dipimpin Kepala Unit ILC, Diah Wijiastuti, SS. Acara digelar Sabtu (12 September 2020) menggunakan media zoom meeting, dimulai pukul 08.00 WIB, berlangsung selama 2 jam.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa menandaskan, :”Tetap semangat belajar di masa pandemic dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Terus berjuang agar tujuan pembelajaran dapat diwujudkan. MAN 2 Yogyakarta ditunjuk sebagai Madrasah Plus Ketrampilan Broad Casting, Film dan Multi media, dan merupakan satu-satunya madrasah plus Broad Casting, Film, dan Multi Media di Indonesia. Bersyukurlah dan berbanggalah ananda semua telah terplih diantara 1035 siswa yang mendaftar di MAN 2 Yogyakarta pada saat PPDB tahun 2020, dan dinyatakan diterima sebagai siswa terlebih kelas ILC. Banyak kakak kelas yang melanjutkan studinya ke luar negeri. Untuk itu, walaupun di tengah ujian berat yang melanda dunia, ananda belajar dengan giat, dan saya berharap bapak dan ibu, para orang tua dapat mendampingi dengan sabar.”

MAN 2 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Program Peminatan dan Penguatan Bahasa Asing

Kepala Unit ILC, Diah Wijiastuti memaparkan tujuan sosialisasi secara garis besar, antara lain : “memberikan gambaran umum kepada siswa terkait penguasaan bahasa asing untuk menambah kecakapan hidup di era Ketrampilan Abad-21, menguatkan pilihan siswa terhadap mata pelajaran yang ditawarkan di program Peminatan dan Penguatan Bahasa Asing ( Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Bahasa Arab, Bahasa Jepang), mendapatkan data melalui angket peminatan yang akan diberikan kepada siswa, terlaksananya proses belajar mengajar sesuai  minat siswa pada mata pelajaran yang telah dipilih.”

Acara yang digelar Sabtu (12 September 2020) menghadirkan naras umber guru Bahasa Inggris, Muh. Hidayat, Spd, guru Bahasa Jerman, Puji Marwanto, S.Pd, guru Bahasa Arab, Yuni Fatmawati, S.Pd, dan guru Bahasa Jepang, Diah Wijiastuti, SS. Secara garis besar masing-masing guru Bahasa asing memberi gambaran umum.

Gambaran umum tentang manfaat kemampuan berbahasa asing yang disampaikan kelima guru Bahasa asing tersebut, antara lain :,” memiliki kemampuan berbahasa asing memiliki banyak manfaat untuk bekal dalam persaingan global, meningkatkan pemahaman secara global (mengerti istilah asing, faham kondisi yang terjadi), meningkatkan potensi kerja ( menunjang studi , karier), meningkatkan kemampuan berbahasa, mengasah pengetahuan dan ketrampilan hidup, meningkatkan value ( karena tidak semua orang mampu berbahasa asing), menjalin persahabatan atau membangun jaringan Internasional. (pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.