MAN 2 Yogyakarta Ikuti Bimwin bagi Remaja Usia Nikah dan Generasi Berencana

Bidang Urusan agama Islam Kanwil Kemenag DIY gelar seminar tentang Bimbingan Perkawinan bagi Remaja Usia Nikah dan Generasi Berencana secara virtual di hotel Cavinton, pada Selasa (06/10/2020) dengan narasumber Adib Machrus dari Ditjen Bimas Islam Kemenag RI.

Seminar ini diikuti oleh 18 Madrasah Kota dan Bantul, masing-masing mengirimkan dua siswa, satu pembimbing, forum genre (generasi berencana). MAN 2 Yogyakarta mengirimkan delegasi dua siswa, Noor Risa Isnanto, XII IPS 2 dan Fiki Zahwa Hakim, XII IBB didampingi Wakaur Kesiswaan, Dyah Estuti, S.Pd.

MAN 2 Yogyakarta Ikuti Bimwin bagi Remaja Usia Nikah dan Generasi Berencana

Seminar digelar dalam rangka peningkatan pencegahan nikah muda dan mempersiapkan kualitan kehidupan keluarga bagi remaja/pemuda generasi penerus bangsa. Inti dari bimbingan perkawinan remaja adalah memberikan pemahaman kepada remaja tentang pernikahan dari segi agama dan  perundang-undangan sehingga dapat mempersiapkan diri dengan baik agar kelak dapat membangun keluarga yang Sakinah, mawaddah, warahmah, barokah, terhindar dari pernikahan dini apalagi  pernikahan karena hamil akibat pergaulan bebas, berhubungan intim belum saatnya. Melalui  bimbingan perkawinan, remaja disertakan bersama-sama membangun masyarakat berkemajuan.

“Sebagai generasi muda yg merupakan masa depan bangsa, harus  merencanakan  masa depan dengan baik, memiliki cita-cita yang luhur agar dapat membanggakan keluarga, masyarakat dan bangsa. Memiliki prinsip yang kuat agar tidak terbawa arus pergaulan bebas. Memahami dan merencanakan masa depan dalam membangun rumah tangga yg sakinah dan itu akan dapat dicapai melalui pendidikan yang tuntas baik pendidikan agama maupun umum,” tandas Dyah Estuti saat menyampaikan harapannya pada para generasi penerus bangsa, negara dan agama. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan