MAN 2 Yogyakarta Berikan Penghargaan Siswa Berprestasi di Bidang Riset

Bertepatan peringatan Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020) bertempat di mushola, Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa memberi penghargaan pada siswa yang berprestasi di bidang riset. Mardi Santosa menyerahkan penghargaan prestasi bidang riset kepada Eva Ray Rakhmaningtyas yang dinobatkan sebagai juara 2 LPB DIY tahun 2020 di bidang penelitian Psikologi, dengan judul penelitiannya: ”Hubungan antara Suasana Hati Kanker Payudara terhadap Tingkat Kesembuhannya,” dan Eva melaju ke tingkat nasional.

Dalam arahannya Mardi Santosa menyampaikan agar Eva terus semangat melakukan penelitian, berkonsultasi dengan guru pembimbingnya, Nuning Setianingsih, S.Si, M.Pd, dengan bapak ibu guru lain untuk memperoleh informasi lain agar lebih lengkap, dan hasil karyanya membawa manfaat bagi masyarakat luas.

MAN 2 Yogyakarta Berikan Penghargaan Siswa Berprestasi di Bidang Riset

Pada kesempatan lain, Eva bertekad untuk tidak  pernah ragu mencoba hal baru, karena dengan begitu akan memiliki banyak pengalaman yang mengesankan dan tentu saja menambah wawasannya. Dimata pembimbing, guru, dan kepala madrasah, Eva seorang sosok yang gigih dan tekun. Dengan kegigihan dan ketekunannya, bukan hal yang mustahil akan meraih juara nasional walaupun kompetitornya berat karena harus berkompetisi dengan para siswa SMA, SMK se- Indonesia. Menorehkan prestasi tinggi di bidang riset merupakan harapan dan doa dari segenap civitas akademika MAN 2 Yogyakarta.

Apresiasi penghargaan diberikan kepada para siswa berprestasi di bidang riset dengan tujuan untuk memompa semangat dalam penelitian. Majunya penelitian menjadi dasar kemajuan suatu bangsa dan negara. Dengan mencintai penelitian, siswa akan berkontribusi pada bangsa, negara dan agama. Dengan prestasi yang diperoleh akan membuka jalan lebar siswa melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi favorit sesuai pilihannya. Terlebih MAN 2 Yogyakarta dikukuhkan sebagai madrasah plus riset, harus bisa menjawab tantangan yang diberikan.

Langkah awal telah dilakukan untuk menata program riset, dibawah bidang kurikulum ditetapkan tim riset yang terdiri dari 5 guru pembimbing, antara lain, koordinator Nuning Setianingsih, S.Si, M.Pd , dengan anggota, Dra. Ida Puspita, M.Pd.Si, Sri Narwanti, S.Pd, Dra. Kistiyah, dan Achmad Syukron Abidin, S.Fil.I di bidang MIPA, SosBud, Humaniora, dan Agama. Semoga di masa mendatang riset MAN 2 Yogyakarta dapat menjawab tantangan sebagai madrasah riset. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan