Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta Terima Kunjungan Studi Tiru SMA Muhammaditah 5 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN 2 Yogykarta) – Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. Mardi Santosa beserta Kepala    Perpustakaan, Sri Narwanti, S.Pd menerima kunjungan studi tiru SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Dalam sambutannya, Mardi Santosa menyampaikan rasa syukurnya dengan adanya kunjungan studi tiru SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta sebagai jembatan awal silaturahmi, persaudaraan dan sharing madrasah dengan sekolah.

Mardi Santosa memaparkan perolehan-perolehan prestasi yang sangat membanggakan yang telah dicapai, antara lain akreditasi perpustakaan mendapat nilai A dengan point sangat tinggi yaitu 97. Hal ini tentu saja diperoleh dengan perjuangan keras dan cerdas, dibawah koordinator Sri Narwanti, S.Pd sebagai Kepala Perpustakaan, dan tidak kalah penting dukungan penuh, arahan dari Kepala Madrasah.  Akreditasi MAN 2 Yogyakarta sebagai institusi madrasah aliyah juga mencapai  nilai A. Semua diperoleh dengan terlibatnya segenap civitas akademika.

Ucapan terima kasih disampaikan Dra. Sri Lestari Kusdiyati, perwakilan studi tiru SMA Muh 5 Yogyakarta, Kepala Perpustakaan SMA Muhammdiyah 5 Yogyakarta kepada Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta, atas kesempatan yang diberikan untuk ngangsu kawruh, diterima dengan penuh kekeluargaan, “kita serasa menjadi bagian dari MAN 2 Yogyakarta, ayem dan siap dibimbing Ibu Sri Narwanti,” terangnya.

Acara dilanjutkan acara inti, pemaparan tentang seluk beluk tentang perpustakaan dari Kepala Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta, Sri Narwanti, S.Pd dengan dipandu Gayatri, pustakawan perpustakaan dan didampingi wakil kepala urusan humas, Dra. Ida Puspita, M.Pd.Si.

Sri Narwanti menjelaskan secara gamblang, bagaimana strategi, kiat, tips dan trik untuk sukses akreditasi perpustakaan, mulai dari aspek anggaran perpustakaan, kelengkapan koleksi yang harus memiliki minimal 2500 jumlah judul, tidak termasuk buku pelajaran. Untuk saat ini, perpustakaan MAN 2 Yogyakarta memiliki 7197 judul dengan berbagai klasifikasi.

Olympics Owner salah satu sarana mensuport suksesnya mewujudkan visi dan misi madrasah, di bidang akdemik. Perpustakaan sebagai jantungnya proses pembelajaran memfasilitasi pelayanan dengan kelengkapan koleksi referensi, ada 9 jenis referensi, termasuk kamus, biografi, peta, dan lainnya. Koleksi referensi memiliki 830 judul. Perpustakaan juga memiliki koleksi berkala, dengan standar minimal 6 jenis. Sehingga Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta memiliki koleksi berbayar dan tidak. Koleksi audio visual disiasati dengan cara mengumpulkan soal UN dari tahun lalu dari listening Bahasa Inggris, audio visual UN Bahasa Arab, target jumlahnya yang harus terpenuhi pada akreditasi tercapai. Perpustakaan MAN 2 Yogyakarta bekerjasama dengan MAN 3 Sleman, SMA N 2 Yogyakarta, FEB UGM, MAN 2 Kulon Progo, MTsN 1 Yogyakarta. Banyak hal-hal lain yang disampaikan tentang bagaimana sukses akreditasi perpustakaan.

Arya Junanto, S.Pd melontarkan pertanyaan bagaimana menyiasati untuk menghadapi akrediatasi berkenaan dengan tenaga minimal yang dimiliki. Sri Narwanti menjawab, dengan cara melibatkan dan membentuk tim dengan membuat SK, disertai jobdis, dengan coordinator yang paling paham tentang instrument yang harus dipenuhi. Tentang koleksi digital dibantu BPAD. Untuk pelayanan siswa menggunakan aplikasi androprint internal MAN 2 Yogyakarta, siswa presensi dan kolom Perpustakaan yang bisa diakses siswa.

Sedangkan wakil kepala sekolah urusan sarana prasarana, Dwi Wahyu Priharyatno, S.Pd  melontarkan pertanyaan tentang menyiasati sempitnya ruangan yang dimiliki. Sri Narwanti memberi penjelasan, dengan cara memanfaatkan lahan di sekitar madrasah, dengan pojok baca, balkon tempat membaca, dan lain-lain, dengan bekerja sama dengan wakaur sarana prasarana tentang menentukan lokasinya. Acara diakhiri dengan berkeliling perpustakaan, pengambilan gambar berbagai hal yang menjadi konsep, siasat, strategi, tips dan trik sukses akreditasi perpustakaan. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan