MAN 2 Yogyakarta Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) –Banyak orang sukses dilahirkan karena aktif berorganisasi di masa mudanya. Bermaksud memberi bekal para siswa MAN 2 Yogyakarta yang tergabung dalam wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Roudhotul Ulum, Majelis Perwakilan  Kelas (MPK), dan BPH (Badan Pengurus Harian Ekstrakurikuler), MAN 2 Yogyakarta yang digawangi Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini beserta staf kesiswaan, Muhammad Hatta, S.Pd, sebagai Pembina OSIS, Puji Marwanto, S.Pd, Koordinator Ekstrakurikuler, Anita Dwi Rossely, S.Pd Jas, bidang UKS, dan bidang sosial, Dra. Susilo Murtiningsih, gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada Senin (23/11/2020) dan Selasa (24/11/2020) di ruang pertemuan Hotel Kayla Gedung Kuning, Yogyakarta.

“Organisasi merupakan kawah candra dimuka, tempat menggodhog para pemimpin di masa depan yang amanah. Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari pengalaman berorganisasi. Dalam  berorganisasi dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi baik lisan ataupun tertulis, kerja sama, pantang menyerah, gigih dalam mewujudkan program walaupun dihadapkan pada banyak permasalahan.” Hal ini disampaikan Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa pada saat memberikan sambutan di depan para peserta LDK.

LDK selama dua hari ini diikuti oleh pengurus OSIS Roudhatul Ulum MAN 2 Yogyakarta, MPK (Majelis Perwakilan Kelas), dan Pengurus Besar Harian (PBH) Ekstrakurikuler tahun 2020/2021. Panitia terdiri dari Pengurus Osis, MPK, PBH yang menjabat tahun lalu, 2019/2020, yang diketuai oleh mantan Ketua OSIS Radhatul Ulum, Alwi Achmad Alatas kelas XII MIPA, wakil ketua panitia, mantan Ketua MPK, Siti Nurhaliza dan sekertaris panitia, Annida Amalia C.A.

“Latihan Dasar Kepemimpinan” bagi siswa pengurus OSIS merupakan salah satu jalur pembinaan generasi muda yang difokuskan pada kompetensi individu dimana kader-kader penerus bangsa bukan hanya sebagai slogan “Pemuda Harapan Bangsa”,” tandas wakaur kesiswaan Dyah Estuti Tri Hartini.

Acara berjalan lancar, untuk hari pertama menghadirkan tiga nara sumber sekaligus. Nara sumber yang pertama, Organisatoris Nasional, banyak menjadi ketua di berbagai organisasi, Edy Prajaka, S.Pd, guru BK SMA N 5 Yogyakarta, nara sumber kedua, Kepala Bidang Pendidikan Kanwil Kementerian Agama DIY, H. Munthalib S.Ag, M.SI, dan nara sumber ketiga Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Dikmad Kanwil Kemenag DIY, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum.

Acara hari pertama ini diakhiri dengan foto bersama, seluruh peserta LDK, mulai dari OSIS, MPK, dan terakhir PHB Ekstrakurikuler. Para peserta sangat antusias selama acara berlangsung. (pus)

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.