LDK Hadirkan Nara Sumber Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Kepala Bidang Pendidikan Kanwil Kementerian Agama DIY, H. Munthalib S.Ag, M.SI memberi apresiasi tinggi atas inisiasi Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), yang digelar MAN 2 Yogyakarta sebagai salah satu program kesiswaan dengan wakaur kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini, S.Pd. LDK digelar selama dua hari, Senin (23/11/2020) dan Selasa (24/11/2020) bertempat di aula Hotel Kayla, Gedong Kuning, Yogyakarta. Penyelenggara semua pengurus organisasi MAN 2 Yogyakarta yang menjabat perode 2019/2020.

Munthalib berbagi pengalamannya. Dari organisasi di tahun 1989 saat duduk di bangku madrasah, digembleng LDK Kepramukaan, dengan kegiatan telusur alam, dan berbagai aktifitas yang mengasah olah pikir, karakter, percaya diri, kedisiplinan, life skill, kreatif, rasa ingin tahu tinggi untuk bisa melakukan inovasi-inovasi, dan berbagai hal lainnya.

“Anda semua yang akan menikmati Indonesia Emas di tahun 2045. Anda yang akan menentukan nasib bangsa dan negara sebagai pemimpin masa depan. Untuk itu harus dipersiapkan mulai sekarang untuk menjadi para pemimpin yang amanah dan dapat ewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045,” tandas Muthalib lebih lanjut.

Lebih lanjut Muthalib menjabarkan apa yang harus dilakukan seorang pemimpin, pengurus organisasi, antara lain, :

  1. Sasaran, kegiatan ditentukan sasaran apa, mengkomunkasikan ekspektasinya. Misalnya ingin menjadi dokter, tentu akan belajar langkah strategi apa, harus sudah berbuat apa untuk dapat mewujudkan ekspektasinya untuk dapat menjadi dokter.
  2. Strategi, ketika berkecimpung di OSIS harus menentukan strrategi langkah-langkah yang harus dilakukan, harus mewujudakan mimpi dengan Langkah-langkah strategis yang harus diambil.
  3. Kendali atau pengendalian, setiap pemimpin harus punya kendali. Kendali sekaligus solusi. Plan A tidak berhasil, harus mencari solusi dengan plan B. Harus terpetakan seperti itu. Cepat, tepat dalam melangmbil langkah dan kebijakan.

Kesuksesan Muthalib yang diraih sekarang dengan menjabat sebagi Kabid Dikmad Kanwil DIY , juga buah dari gemblengan berorganisasi. Banyak tokoh termasyur baik Nasional dan Internasional terlahir dari aktif berorganisasi. Muthalib saat muda selalu mendampingi CCA Jawa Timur, paling banyak sabet juara yang diselenggarang RRI dengan 403 kompetitor. “Dengan jiwa LDK, digembleng untuk gigih, pantang menyerah meraih kesuksesan,” tandas Muthalib lebih lanjut.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Santosa menyampaikan terima kasih kepada nara sumber ditengah-tengah jadwal yang sangat padat, menyempatkan diri untuk mendampingi para siswa yang sedang dibekali dalam LDK. Apresiasi tinggi, bangga, sekaligus bersyukur dengan inisiasi para siswa, mantan pengurus organisasi MAN 2 Yogyakarta, dibawah bimbingan Dyah Estuti Tri Hartini dan Pembina OSIS, Muhammad Hatta. Sekaligus berharap, dapat menggali banyak wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan berbagai hal seluk beluk berorganisasi. (pus)

Berita ini juga dapat diaakses melalui : MAN 2 Yogyakarta |

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.