Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY Ajak Bekerja Sama MAN 2 Yogyakarta Berlanjut Selain PLP

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Mahasiswa PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan ) UTY selama dua bulan melaksakan pembibingan di MAN 2 Yogyakarta. Enam mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan PLP dengan pembimbing Royanah, S.Pd dan Jumiyasrini, S.Pd. Selama dua bulan dibimbing untuk menjadi guru setelah mengantongi ijazah. Pada Senin (07/12/2020) bertempat di ruang rapat Cagar Budaya, dikembalikan ke pihak kampus yang dalam hal ini diterima oleh Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Anang Widodo, S.S, M.Pd.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs.H.Mardi Santosa dalam sambutannya menandaskan, “MAN 2 Yogyakarta dengan 36 jenis ekstrakurikuler, bak swalayan, serba ada, siswa dapat mengasah talentanya sesuai minat dan bakatnya. Dengan prestasi yang diraih, akan membuat jalan lebar melanjutkan studi ke perguruan tinggi. MAN 2 Yogyakarta dengan tangan terbuka menerima kerjasama dalam bentuk yang lain, sekaligus berharap silaturahmi terus berlanjut. Begitu juga jika UTY akan mengirimkan mahasiswanya untuk PLP. Terima kasih dan mohon maaf jika selama pembimbingan ada kurangnya, tetapi semoga banyak membawa manfaat bagi mahasiswa PLP, hasil dari pembimbingan MAN 2 Yogyakarta.”

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UTY, Anang Widodo S.S, M.Pd menyampaikan pesan dan kesannya, :”Terima kasih support luar biasa MAN 2 Yogyakarta telah menerima dengan tangan terbuka. Dukungan luar biasa juga kami terima dari kepala madrasah, guru pamong dengan pembibingan yang juga luar biasa. Banyak sekali hal-hal positif yang diterima mahasiswa, mulai dari belajar tentang penyusuanan perangkat administrasi, strategi, model, metode dalam pengajaran, tata Kelola kelas, dan masih banyak hal lainnya, tentunya akan sangat bermanfaat dalam penerapan saat setelah menjadi guru,”

Anang Widodo juga sangat berharap dapat melanjutkan kerjasama-kerjasama dalam bentuk lain, tidak sekedar PLP. Anang berkesimpulan MAN 2 Yogyakarta bisa dijadikan rujukan dan menjadi prioritas.  Para mahasiswa PLP mendapatkan banyak sekali manfaat, dan selama pembimbingan hampir tidak ada kekurangan. Pada saat mahasiswa melaksanakan PLP, hal ini hanyalah merupakan gambaran kecil dari seharusnya dilakukan seorang guru. Guru adalah pembelajar seumur hidup, tidak hanya puas belajar saat PLP saja.

Jumiyasrini di akhir pertemuan menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa PLP sangat disyukuri karena mendapatkan kesempatan belajar bersama selama dua bulan. Sebagai pembimbing  merasa belum puas karena merasa yang diberikan selama pembimbingan belum begitu besar. Sekaligus permintaaf maaf karena dalam suasana on line, walaupun tidak menguraangi rasa tanggung jawab tetapi kemungkinan belum bisa berjalan maksimal.

Secara simbolik penarikan mahasiswa PLP Pendidikan Bahasa Inggris UTY yang berjumlah 6 orang, ditandai dengan penyerahan plakat dan cinderamata dari Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Anang Widodo, S.S, M.Pd kepada Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs.H.Mardi Santosa. (pus)

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan