MAN 2 Yogyakarta sebagai Tuan Rumah Bimtek e-RKAM

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta menjadi tempat Bimbingan Teknis e-Rkam yang digelar Kemenag Kota Yogyakarta. Protokol kesehatan darurat covid diterapkan secara disiplin.  eRKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis elektronik) adalah aplikasi pengelolaan keuangan madrasah mulai dari proses perencanaan penganggaran, penatausahaan dan pelaporan yang dapat diakses baik secara online maupun semi online.

Penerapan penggunaan e-RKAM merupakan kewajiban madrasah untuk membuat perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana yang diperoleh salah satunya adalah BOS. Ini harus direncanakan. Perlu adanya Bimbingan Teknis membuat e-RKAM dalam bentuk elektronik sistem yang terpusat. Kegiatan madrasah yang penting untuk dilakukan analisa kegiatannya apa, sehingga dana BOS bisa termanfaatkan benar untuk madrasah.  Hal ini harus di ukur dan mengukurnya dengan menggunakan eRKAM. Manfaat dari eRKAM, pihak madrasah  mempunyai data perencanaan, dasar perencanaan, kemudian dasar anggaran untuk pelaksanaan BOS. Hal ini dikarenakan kegiatannya lebih detail dan itu direncanakan bersama-sama di madrasah

Bimtek e-RKAM kemenag kota dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari tanggal  14 sd 18 Desember yang diikuti 51 peserta perwakilan dari seluruh madrasah mulai MI, MTs, MA di wilayah Kemenag Kota Yogyakarta. Bimtek dilaksanakan di ruang pertemuan dan sebagai nara sumber, Meiyana Ekaastuti Wardani, SE, MPA,  Analis Kebijakan Muda Kanwil Kemenag DIY dan Slamet Agus Santosa, M.Pd, guru MAN 1 Yogyakarta.

Lebih Lanjut Dra Uswatun Hasanah, Kasi Dikmad Kemenag Kota Yogyakarta menandaskan, :” dengan e-RKAM tidak akan ada kekurangan dan kelebihan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Dengan penerapan e-RKAM maka pengelolaan keuangan akan mudah dikontrol serta akuntabilitasnya terjaga. e-RAKM akan dilaksanakan  seluruh madrasah pada th 2021.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, Mardi Santosa menyambut baik dan siap menjadi tuan rumah serta sekaligus berkontribusi untuk kesuksesan penerapan e-RKAM pada seluruh madrasah di tahun 2021. Kegiatan ini berlangsung sukses dengan out put, seluruh madrasah siap menerapkan e-RKAM di madrasahnya. (pus)

 

 

 

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.