Guru Ekonomi MAN 2 Yogyakarta Dikukugkan Sebagai Alumni Wardah Inspiring Teacher Tahun 2020

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Didaulat menjadi pembicara Temu Pendidik Nusantara VII mewakili WIT tahun 2020 merupakan penghargaan, pemberian apresiasi kepada Sri Narwanti, S.Pd yang telah menyelesaikan semua program yang digelar WIT tahun 2020. Sri Narwanti berkisah, : “Wardah Inspiring Teacher, sebenarnya bukan hal yang baru saya tahu. Sekitar tahun 2018 ada kawan guru di MAN 2 Yogyakarta yang ternyata telah berpartisipasi. Saat itu kegiatan dilakukan secara offline dan dilaksanakan per kota. Tahun berikutnya ketemu juga beberapa kawan yang berpartisipasi di WIT 2019. Tapi saya belum ikutan, karena memang pendaftarannya berdasarkan rekomendasi. Rejeki akhirnya datang di tahun 2020, tanpa saya duga ada murid yang merekomendasikan saya di WIT 2020. Saat itu sekitar bulan Maret kalau gak salah.”

Masih melanjutkan kisahnya, :”awal-awal kegiatan setelah terdaftar lewat akun IG WIT dikabarkan bahwa kegiatan ditunda karena pandemi. Baru kemudian pada bulan Juni kegiatan diumumkan lewat IG dengan berbasis online. Saat itu kabar tergabungnya saya di grup 1 datang via email, lanjut join di grup. Awal kegiatan sudah seru banget, dengan pemateri mbak Analisa Widyaningrum dan surprisenya bisa jumpa dengan Tulus. Sari kegiatan pertama ini baru sadar ternyata pesertanya sampai 8000an. Wow banget, dan makin bersemangat.”

“Setelah zooming pertama tersebut, kegiatan kemudian dilanjutkan berbasis program di sekolah.mu. ada hal seru yang selalu bikin saya deg degan saat mau join program. Salah satunya saat harus mengisi voucher. Pernah dalam suatu program saya salah step dan membuat say terhambat join, dan kejadian itu selalu bikin trauma saat masukin voucher, pasti gemeteran gak karuan. Mungkin saya terlalu semangat dan terlalu takut kalau tidak bisa lanjut program,” cerita terus mengalir dengan keseruan-keseruan yang dialami Sri Narwanti.

Program demi program dapat dilampauinya, walau  harus selalu beracu dengan tugas wajib di madrasah, tapi WIT seperti banyak menyita fokus Sri Narwanti. Namun demikian, Demi WIT Sri Narwanti menyadari bahwa kompetisi bukanlah yang dicari, tapi belajar dan berkolaborasi adalah sesuatu yang menjadi mimpi pribadinya. “Jika tiap tahun saya selalu ikut aneka lomba, dari WIT saya mencoba menggali dari dalam diri saya, apakah ini yang membuat saya termotivasi? Saya bukan menjadi anti kompetisi, tapi saya ingin belajar terus, dan menjadi guru dengan hati,” tandas Sri Narwanti lebih lanjut.

Akhirnya, 24 Desember 2020 Sri Narwanti dikukuhkan resmi sebagai alumni dari WIT 2020. Banyak hal sebenarnya diperoleh, banyak hal sebenarnya yang membuatnya lebih banyak berdialog dengan diri sendiri. Kenapa saya dirinya guru? Untuk apa menjadi guru? Sri Narwanti terus banyak melakukan refleksi, dan belajar menjadi guru (lagi). (Sri)

Artikel yang Direkomendasikan