Guru Fisika MAN 2 Yogyakarta Terima Penghargaan Apresiasi Wardah Inspiring Teacher Tahun 2929

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Keikut sertaan Ida Puspita di perhelatan Wardah Inspiring Teacher (WIT) tahun 2020, merupakan anugerah terindah baginya. Sampai sekarang, Ida Puspita tidak mengetahui, siapakah orang yang mendaftarkannya dan sekaligus merekomendasikannya di perhelatan ini. Bagaimana tidak? Dapat teman baru ribuan, walaupun di dunia maya (whatsapps), baginya, amazing. Banyak tambahan pengetahuan, wawasan, pengalaman, seluk beluk tentang dunia pendidikan. Dengan menjadi pembicara di Temu Pendidik Nusantara VII, yang dapat diakses melalui link : (481) BKEM2032 – YouTube .

Secara tidak sengaja, saat buka gmail, ada kiriman yang beda saat itu. Kiriman yag lain berupa naskah antologi, tetapi kiriman yang satu ini berupa undangan untuk mengikuti WIT tahun 2020. Sambil masih dalam hati bergelayutan penuh tanda tanya, Ida Puspita ikuti undangan tersebut, kemudian menyelesaikan setiap tahap seleksi.

Program tahap pertama, tentang Guru Merdeka Belajar. Di Program ini diawali dengan pra asesmen, kemudian diberikan materi tentang tujuan pendidikan, merefleksikan video pengajaran, memahami konsep Belajar dan Merdeka Belajar, diskusi pengalaman guru belajar, empat kunci pengembangan guru, webinar, membuat kanvas pengembangan diri, post tes. Kegiatan yang sangat banyak dan menyita waktu, namun dengan semangat, Ida Puspita berusaha menyelesaikannya di setiap malam hari.

Program tahap ke dua, mengenai Pembelajaran Jarak Jauh Merdeka Belajar. Diawalai Pra Asesmen, infografis kondisi PJJ saat pandemi Corona berlangsung, refleksi kondisi PJJ, miskonsepsi PJJ, infografis perbandingan PJJ dan luring. Materi yang sangat menarik yaitu 5 M (Memanusiakan hubungan, Memahami konsep, Membangun keberlanjutan, Memilih Tantangan, Memberdayakan konteks) dan Panduan Pembelajaran PJJ Merdeka Belajar. Di program ini juga mengharuskan peserta membuat kanvas refleksi kemudian mengunggah kanvas refleksi yang telah dibuat. Kanvas yang dibuat merupakan rancangan Strategi PJJ berdasarkan 5 M. Program ini diakhiri dengan asesmen pasca program.

Dari program 1 dan 2 WIT, dari 6000 an peserta, tinggal 250 an peserta. Peserta yang lolos, kemudian mengikuti tahap berikutnya, program Merancang Media Pembelajaran dengan memilih salah satu media pembelajaran. Tahap ini juga diawali dengan Pra Asesmen kemudian diberikan materi tentang empati, menyimak video siklus berpikir desain, membuat peta empati kemudian mengunggahnya. Kita disadarkan adanya miskonsepsi yang biasanya kita miliki yaitu virus Impurna. (Ingin Serba Sempurna). Impurna bisa dilenyapkan dengan 3 strategi, yaitu fokus pada bagian-bagian mendasar, ATM (amati, tiru, modifikasi), dan yang penting jadi. Dengan 3 strategi ini, inovasi yang ingin kita lakukan tidak terganjal virus Impurna. Sebelum program diakhiri asesmen pasca program, peserta diharuskan mengunggah imajinasi ide.

Setelah tahap merancang pembuatan media pembelajaran, dilanjutkan membuat media pembelajaran sesuai dengan pilihannya. Seperti tahap yang lain, diawali dengan pra asesmen, membuat purwarupa media pembelajaran merdeka, mengunggah kanvas purwarupa sesuai media pembelajaran yang dibuat. Kegiatan pada tahap ini diakhiri asesmen pasca program.

Tahap ke 5, peserta yang lolos, mengikuti program Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Merdeka Belajar. Sampai pada tahap ini, dari 250 an peserta tidak semuanya lolos. Pada penulisan praktik baik ini didasarkan ATAP (Awal, Tantangan, Aksi, Perubahan). Peserta yang lolos penulisan praktik baik, didaulat menjadi Pembicara Temu Pendidik Nusantara VII tahun 2020 mewakili WIT. Ida Puspita lolos sampai pada tahap akhir dan didaulat menjadi pembicara Temu Pendidik Nusantara VII. Dengan menjadi pembicara Temu Pendidik Nusantara VII, Ida Puspita berhak mendapatkan “Sertifikat Apresiasi” dari Wardah Inspiring Teacher tahun 2020 karena telah menyelesaikan seluruh rangkaian program dari awal sampai akhir. (pus)

 

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.