MAN 2 Yogyakarta Terima Studi Tiru MAN IC Tanah Laut tentang ZI (Zona Integritas)

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta menerima kunjungan dari MAN IC Tanah Laut Kalimantan Selatan.  Dikarenakan pada saat yang beramaan ada monev oleh Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI (Pusat), maka pada awalnya rombongan diterima  oleh Wakaur Kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini, Wakaur Kurikulum, Fajar Basuki Rahmat, Wakaur Sarana Prasarana, Muhammad Hidayat, Wakaur Humas, Ida Puspita, dan sekretaris Tim ZI, Umi Solikatun di ruang rapat Cagar Budaya pada Senin (28/12/2020)

Empat orang Tim ZI (Zona Integritas) MAN IC Tanah Laut Kalimantan Selatan terdiri dari Noorma Yulia, Rinno Al Bintara, Febrianto Ridha Persada, dan Anwar Hadimi. Yulia sebagai perwakilan rombongan menyampaikan maksud berkunjung untuk belajar dari MAN 2 Yogyakarta tentang eviden-eviden Zona Integritas. Acara dipandu Dyah Estuti. Sambutan Kepala MAN 2 Yogyakarta diwakili Ida Puspita yang menyampaikan permohonan maaf, bahwa Kepala MAN 2 Yogyakarta, H. Mardi Santosa dan Kepala TU sekaligus Ketua Tim ZI, Muh. Bahrul Anwar sedang mendampingi Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI.

Secara singkat Ida Puspita menyampaikan tentang ZI merupakan hal yang baru, sehingga lebih tepatnya, kegiatan kunjungan ini untuk MAN 2 Yogyakarta sebagai belajar bareng. “Kami didaulat menuju Zona Integritas dengan persiapan 6 hari. Setelah didaulat, Kepala MAN 2 Yogyakarta secara maraton berkoordinasi, menetapkan SK Tim ZI, sosialisasi kepada warga MAN 2 Yogyakarta, menghadirkan narasumber untuk mengawal dan mendampingi, pembagian tugas pada masing-masing bidang, dan secara maraton pula, lari sekencang-kencangnya dalam menyiapkan eviden-eviden yang teramat banyak untuk disubmit kepada MenPan RB pada Selasa (22/12/2020). Zona Integritas MAN 2 Yogyakarta dikawal dan didampingi Kasi Kursis Kanwil DIY, Anita Isdarmini, Analisis Ortala, Dini Meiyanti, dan Kemenag Kota Yogyakarta diwakili Anisa Kurnia. Kami terima amanah ini bukan beban tetapi reward atau anugerah, sebagaimana pesan Kasi Kursis, Anita Isdarmini” terang Ida Puspita.

Umi Solikatun menjelaskan secara runut, jelas, dan gamblang seluk beluk eviden yang telah berhasil disubmit. Sekaligus menyampaikan, dikarenakan MAN 2 Yogyakarta bertekad pelayanan ZI, maka dengan tangan terbuka kepada siapapun untuk belajar bersama-sama, dengan senang hati meenyambut kunjungan oleh saudara lain baik di lingkungan yang sama, Kemenag RI ataupun dari wilayah lain. Link eviden diberikan Umi Solikatun agar dapat dipelajari Tim ZI MAN IC Tanah Laut, Kalsel.

Kepala MAN 2 Yogyakarta, H. Mardi Santosa setelah selesai mendampingi Kepala Biro Perencanaan, bergabung di ruang pertemuan. Mardi Santosa menandaskan, di MAN 2 Yogyakarta ini, tidak ada Super Man, yang ada hanya Super Team. Semua punya peran, dan semua menentukan. “Walau kami sering mendapatkan amanah dengan tempo yang sangat singkat, alhamdulillah dengan adanya Super Team, kami dapat menyelesaikannya tepat waktu dan juga dengan hasil yang baik dan memuaskan. Dengan Super Team juga akreditasi perpustakaan MAN 2 Yogyakarta meraih nilai sangat tinggi, yaitu 97,” tandas Mardi Santosa.

Baik Mardi Santosa maupun Yulia, menyampaikan nada serupa. Masing-masing berterima kasih karena sudah berkunjung dan percaya dengan kemampuan MAN 2 Yogyakarta, sebaliknya MAN IC Tanah Laut menyampaikan terima kasih, kunjungannya diterima dengan sangat baik. Acara kunjungan diakhiri dengan penyerahan cendera mata dari MAN IC Tanah Laut Kalsel dan foto bersama. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan