Guru Fisika MAN 2 Yogyakarta Berkarya Sebuah Modul

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Guru MAN 2 Yogyakarta ditengah pandemi terus memperlihatkan semangatnya dengan tetap memberikan pelayanan prima terhadap siswa. Pembelajaran jarak jauh menuntut setiap guru untuk berkreasi, berstrategi tepat, berinovasi pada proses pembelajaran. Sarana prasarana pendukung agar sukses dalam kegiatan belajar mnegajar musti disiapkan. Dengan metode, model, strategi, sarana prasarana pendukung pembelajaran, sumber belajar yang tepat, akan meminimalisir kendala saat pembelajaran jarak jauh.

Guru fisika MAN 2 Yogyakarta, Leni, S.Si melakukan strategi dengan cara menyiapkan sumber belajar bagi siswa berupa modul. Modul yang disusun Leni untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran secara mandiri. Modul kelas XI semester genap yang disusun Leni juga mempertimbangkan karakter siswa, gaya belajar, ketahanan belajar, latar belakang siswa MAN 2 Yogyakarta yang diajarnya.

Selain menyusun modul untuk kelas XI semester genap, Leni juga menyusun UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri ) untuk mendampingi buku paket dalam implementasi MAN 2 Yogyakarta sebagai penyelenggara pelayanan SKS (Sistem Kredit Semester) di tahun 2020. Sebagai Penyelenggara pelayanan SKS, maka setiap guru kelas X diwajibkan membuatnya.

Pelajaran fisika membutuhkan sumber belajar yang bervariasi. Modul memiliki peran, fungsi dan manfaat yang banyak. Modul menjadi bahan ajar mandiri, sangat cocok untuk PJJ. Modul meningkatkan kemampuan peserta didik untuk belajar sendiri tanpa tergantung kepada kehadiran pendidik, pengganti fungsi pendidik, sebagai alat evaluasi. Dengan modul, peserta didik dituntut untuk dapat mengukur dan menilai sendiri tingkat penguasaannya terhadap materi yang telah dipelajari. Modul bermanfaat sebagai bahan rujukan bagi peserta didik karena modul mengandung berbagai materi yang harus dipelajari oleh peserta didik.

Kepala MAN 2 Yogyakarta sangat mengapresiasi, mendukung dan memberi kesempatan yang sangat luas bagi setiap guru dan pegawai MAN 2 Yogyakarta untuk mengembangkan diri, berkarya dan berprestasi. (pus)

 

Artikel yang Direkomendasikan