Siswa MAN 2 Yogyakarta, Kontributor Antologi Sejarah Yogyakarta Memperteguh Keistimewaan DIY

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Dalam satu tahun, MAN 2 Yogyakarta torehkan 240 pretasi di bidang akademik dan non akademik baik regional, nasional, satu kali internasional di bidang olah raga. Di bidang kepenulisan, siswa MAN 2 Yogyakarta, M. Hafidz Haikal menjadi kontributor buku Antologi Sejarah Yogyakarta Memperteguh Keistimewaan DIY, bersama Dinas Kebudayaan DIY.

Buku ini merupakan kumpulan esai karya pemikiran pelajar SMA/SMK/MA se-DIY yang mengikuti even Dialog dan Jelajah Sejarah. Even ini digelar sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kesejarahan, menanamkan nilai-nilai kesejarahan dan meningkatkan minat terhadap masyarakat terhadap sejarah untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan serta membentuk jati diri bangsa.

Rita Setyawati, S.Pd selaku pembimbing juga mengahsilkan karya Tan Jing Sing, Sebuah Pertanggungjawaban Marga, tetapi tidak dibukukan. Kegiatan ini bertemakan Peristiwa Geger Sepehi dan Sejarah Lokal. Siswa dan guru mempresentasikan esai yang dibuat. Jelajah dilakukan di Monumen Geger Sepehi, Museum Sonobudoyo, Taman Makam Pahlawan, dan Musium Sasmitaloka pada 22-25 Oktober.

“Dengan kegiatan dan kebijakan yang mengajak siswa untuk memahami secara visual nyata melalui kunjungan ke monumen dan museum serta menuliskan jejak sejarah mampu menumbuhkan cinta tanah air dan  kepedulian terhadap kemajuan bangsanya. Selain itu, dengan pembinaan dan pengembangan  kesejarahan  melibatkan siswa diharapkan mampu menanamkan kesadaran sejarah dan menumbuhkan nasionalisme siswa,” terang Rita Setyawati. (pus)

Komentar Anda

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.