Guru MAN 2 Yogyakarta Berkarya Cerpen di Koran Radar, Jawa Pos

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Tidak ada salahnya seorang guru fisika menyukai menulis fiksi semacam puisi, cerpen, pantun, artikel ataupun yang lainnya. Hal ini juga dilakukan Ida Puspita, seorang guru fisika di MAN 2 Yogyakarta. Ditengah-tengah tugasnya, juga mengajar fisika di MAN 2 Yogyakarta, berusaha untuk berkarya di bidang kepenulisan. Ida Puspita bergeabung di banyak group ataupun komunitas menulis. Selama pandemi dunia Covid-19, menuliskan 30 karya Buku Antologi, dan yang cukup membahagiakannya, pernah cerpen yang ditulisnya dimuat di media cetak Radar, Jawa Pos.

Cerpen yang ditulisnya menceritakan tentang bagaimana jodoh itu berlabuh, bahwasanya  hidup, mati, jodoh adalah Kuasa Allah SWT. Cerpen ini berjudul, Menanti Jodoh.  Terkadang kita menganggap sesuatu itu baik untuk kita tetapi ternyata belum tentu baik untuk kita. Justru kita dipilihkan yang terbaik untuk kita. Tidak semua keinginan begitu saja dikabulakan oleh yang Maha Kuasa, terkadang kita harus dapat bersabar karenanya.

Dengan menulis bisa menjadi keseimbangan jiwa. Bahagia, kesal, kecewa, sedih, ataupun sedang sangat gembira bisa ditumpah ruahkan melalui tulisan. Jika memiliki ide, gagasan, keinginan, yang terkadang berseberangan dengan orang lainpun bisa ditorehkan melalui tulisan tanpa menyinggung perasaan orang lain. Kita menjadi terlatih menyampaikan pendapat, ide, gagasan secara tulis. Dengan menulis otomatis menambah wawasan karena kita dituntut banyak membaca referensi. Dengan demikian, lewat torehan tulisan kita juga banyak mendapat temaan baru di berbagai komunitas menulis. Ini yang dirasakan Ida Puspita lewat hobi menulis.

Dengan menulis juga berkontribusi mensyiarkan berbagai kegiatan, even yang digelar, aktivitas madrasah tempatnya mengajar. Dengan menulis menambah semangat mengabdi dan loyalitas. Ida Puspita bersyukur diberi kesempatan yang sangat luas oleh Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa untuk terus berkarya. (pus)

Artikel yang Direkomendasikan