Wakaur Kesiswaan MAN 2 Yogyakarta Koordinasi Bangun Karakter Siswa

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Karakter siswa merupakan faktor utama penentu nasib bangsa dan negara. Jika karakter generasi penerus baik, dengan pemimpin yang amanah, bangsa dan negara akan tumbuh dengan cepat. Untuk membentuk karakter siswa perlu  kerja sama yang solid dan bersinergi antara diri siswa, guru, orang tua siswa, lingkungan, masyarakat, madrasah sebagai penyelenggara pendidikan.

Dalam rapat dinas, Wakaur Kesiswaan, Dyah Estuti Tri Hartini, S.Pd mengingatkan kembali adanya pemantauan istiqomah dan telaten yang dilakukan oleh guru, wali kelas, Bimbingan Konseling, kesiswaan sendiri. Tidak perlu adanya keraguan untuk mengingatkan siswa jika hal tersebut perlu dilakukan. Yang mengingatkan, menasehati, memotivasi tidak hanya wali kelas ataupun guru yang mengajar siswa tersebut tetapi semua bersinergi untuk melakukannya.

Jika dijumpai adanya penurunan motivasi belajar siswa, perilaku yang kurang pas, segera ditangani, tidak perlu ditunda sesuai alur penanganan siswa. Pelaporan guru kepada wali kelas kemudian Bimbingan konseling dan Kesiswaan harus dilakukan di awal smester ataupun setiap saat dengan segera, agar permasalahan terselesaikan dengan ditemukannya solusi.

Perlunya komunikasi yang baik antar siswa, antar siswa dengan guru, antar siswa dengan orang tuanya sendiri, guru dengan orang tua, orang tua dengan madrasah. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik, akan meminimalisir munculnya permasalahan siswa. Ketahanan belajar siswa perlu terus dipantau, dibimbing, dan didampingi. (pus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts