Guru Kimia MAN 2 Yogyakarta Menginisiasi Diklat PTK untuk Guru

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) memiliki peran yang sangat penting sebagai wadah guru saling berbagi pengalaman, tempat pengembangan diri dan kompetensi. Melalui MGMP, guru berkontribusi pada pendidikan di Indonesia. Guru Kimia MAN 2 Yogyakarta, Sri Dewi Subaroroh, S.Pd menginisiasi melalui MGMP Kimia gelar Diklat PTK bagi guru.

Diklat dilaksanakan selama 4 hari, dimulai pada Rabu (03/03/2021) sampai dengan Sabtu (06/03/2021) , menggandeng Balai Diklat Kemenag Semarang.  Nara sumber Drs. Teguh Suyitno, M.Pd mengawali Diklat tentang materi pembuatan proposal PTK. Para peserta diharuskan mengirimkan Judul dan BAB 1 pada LK  (Lembar Kerja) 1 Diklat.

Diklat ini diikuti 42 peserta yang tidak hanya berasal dari guru kimia tetapi juga guru mata pelajaran yang lain. Diklat PTK MGMP Kimia dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Mutholib, M.Pd.I yang mengapresiasi kegiatan MGMP Kimia yang diketuai Drs. Sukir, M.Si ini. Kanwil Kemenag DIY  yang pertama mengawal penerimaan TPG untuk menyisihkan 10% untuk digunakan sebagai peningkatan kompetensi guru. Banyak penelitian yang menunjukkan adanya kenaikan yang signifikan anatara pemberian TPG dan peningkatan kompetensi guru. Untuk itu perlu adanya pengawalan pembelajaan guru, menyisihkan 10% TPG untuk pengembangan diri.

Hari ke 2 Nara sumber Teguh Suyitno menjelaskan materi tentang Kajian Pustaka, Metode pengumpulan data, dan pada akhir sesi para peserta diharuskan mengisi dan mengumpulkan LK 2, LK 3, LK 4, dan seterusnya sampai menghasilka produk sebagai persyaratan untuk memperoleh sertifikat. Tamplate LK sudah dipersiapkan panitia. Para peserta mengikuti dengan aktif dan semangat. (pus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts