MAN 2 Yogyakarta Siapkan Ujian Madrasah Sesuai KMA dan Mandatori

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – MAN 2 Yogyakarta melakukan koordinasi persiapan Ujian Madrasah (UM) melalui zoom meeting. Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Yogyakarta menekankan pentingnya persiapan Ujian Madrasah agar pada hari saat ujian madrasah berlangsung, semua dapat berjalan lancar, sukses, maksud dan tujuan tercapai.

“Perlunya guru pembuat soal memperhatikan baik hal-hal teknis ataupun kualitas sehingga dapat melihat kompetensi siswa dan terukur secara objektif. Pembuatan soal dimulai dari kisi-kisi terlebih dahulu, dan bukan sebaliknya. Soal merupakan sebaran dari materi yang telah diajarkan. Pentingnya telaah soal, pedoman penskoran dan kunci jawaban yang benar sehingga tidak merugikan siswa,” tegas Mardi Santosa lebih lanjut.

MAN 2 Yogyakarta Siapkan Ujian Madrasah Sesuai KMA dan Mandatori

Wakaur Bidang kurikulum Fajar Basuki Rahmat, S.Pd menyampaikan jadwal Ujian Madrasah. Selain itu prosentase materi, 20 % untuk kelas X, 30% kelas XI, dan 50% materi kelas XII. Akan diadakan Bimtek penyususnan HOTS intern bagi guru MAN 2 Yogyakarta. Semua yang berkaitan dengan Ujian Madrasah akan dikumpulkan menjadi satu akun tunggal. Diingatkan kembali tentang Juknis pelaksanaan ujian Madrasah KMA No. 781 tahun 2021. Mandatori, Ujian Madrasah 30% HOTS, 50% sedang, mudah 20%.

Staf Bidang kurikulum Dewi Subaroroh, S.Pd menjelaskan segala teknis tentang pelaksanaan UM, apa yang harus dilakukan guru pembuat soal, langkah-langkah bergabung di akun tunggal, tata cara pelaksanaan UM sesuai mata pelajaran dan waktu ujian mata pelajaran yang diampu. Dewi menyatakan kesediaanya jika para guru pembuat soal akan konsultasi lebih lanjut tentang hal-hal yang kurang jelas. (pus)

 

Artikel yang Direkomendasikan