KEMUDAHAN AKSES BUKU DIGITAL

Buku digital sudah bukan hal yag baru di era serba digital ini. Dari yang memang merupakan pendamping buku cetak aslinya hingga yang memang diperjual-belikan secara daring. Namun, tak sedikit para pembaca yang merasa mengalami keterbatasan dana dan menjadikannya enggan membeli. Ditambah lagi sejak 2020 Indonesia memasuki masa pandemi dimana pemerintah memberlakukan pembatasan mobilitas untuk menekan penyebaran COVID-19.
Oleh sebab inilah keberadaan kemudahan akses buku digital secara gratis menjadi solusi pembaca yang mengalami keterbatasan dana dan ruang gerak untuk sekedar mengunjungi perpustakaan. Berikut ini 4 aplikasi buku digital yang dapat diunduh via gawai, yaitu:
1, iPusnas
Aplikasi iPusnas merupakan aplikasi membaca buku digital yang dimiliki oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Cara penggunaan aplikasi ini:
Buka situs belanja aplikasi sesuai sistem yang digunakan gawai masing-masing (App Store untuk pengguna sistem IOS atau Play Store untuk pengguna Sistem Android) atau masuk ke https://ipusnas.id/ untuk Personal Computer
Masukan kata kunci “iperpusnas” pada kolom pencarian
Jika sudah muncul kemudian klik unduh dan tunggu selesai
Pilih salah satu cara untuk mendaftar (bisa melalui facebook maupun email)
Tunggu dilakukan verifikasi data
Selesai
2. iJakarta
Aplikasi iJakarta merupakan aplikasi yang serupa dengan iPusnas namun aplikasi ini merupakan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta yang bekerjasama dengan pihak Aksamaraya selaku pengembang. Aplikasi ini memiliki tampilan serupa dengan iPusnas namun dengan nuansa serba orange.
Cara penggunaan aplikasi ini:
Buka situs belanja aplikasi sesuai sistem yang digunakan gawai masing-masing (App Store untuk pengguna sistem IOS atau Play Store untuk pengguna Sistem Android) atau masuk ke https://ijakarta.id/ untuk Personal Computer
Masukan kata kunci “ijakarta” pada kolom pencarian
Jika sudah muncul kemudian klik unduh dan tunggu selesai
Pilih salah satu cara untuk mendaftar (bisa melalui facebook maupun email)
Tunggu dilakukan verifikasi data
Selesai
3. Google Play Book
Google Play Book merupakan aplikasi milik Google yang berisi berjuta koleksi audio dan e-book terlaris yang dapat dibeli melalui Google Play. Aplikasi ini biasanya merupakan bawaan dari gawai yang didukung oleh sistem dari Google.
Cara penggunaan aplikasi ini:
Buka situs aplikasi Google Play Book atau kunjungi https://play.google.com/store/books
pilih “Get Started Now” untuk bergabung
Gunakan akun Google untuk login atau buat akun baru terlebih dahulu
Isi formulir sesuai data secara lengkap
Cek persyaratan dan pilih “yes” jika menyetujuinya
Tunggu Google mengirimkan e-mail (kurang lebih 1 bulan)
Masukkan data akun Google Play Book (Publisher Name dan Country) setelah itu continue
Selesai
4. Wattpad
Wattpad merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membaca banyak karya-karya populer dan juga dapat digunakan untuk menulis sekaligus. Aplikasi ini cukup populer dikalangan masa kini karena banyak karya yang populer dan difilmkan contohnya Matt and Mou Novel karya Wulanfadi.
Cara penggunaan aplikasi ini:
Buka situs belanja aplikasi sesuai sistem yang digunakan gawai masing-masing (App Store untuk pengguna sistem IOS, Play Store untuk pengguna Sistem Android, atau aplikasi App Gallery) bisa juga dengan masuk ke https://www.wattpad.com/?locale=id_ID
Pilih antara “mulai membaca” atau “mulai menulis”
Lalu mulailah mendaftar dengan cara “Mendaftar dengan Facebook” atau “Mendaftar dengan Google” atau “Mendaftar dengan Email”
Pilih salah satu cara untuk mendaftar
Isi form data dan tunggu dilakukan verifikasi data
Selesai

Komentar Anda